Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Kelas VII Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Model Pembelajaran PBL

Main Article Content

Khamida Nuriana
Emi Pujiastuti
Edy Soedjoko

Abstract

Tujuan penelitian ini  (1) menguji keefektifan model pembelajaran PBL dalam mendukung KBRM siswa pada materi segiempat dan (2) mendeskripsikan KBRM siswa pada materi segiempat menggunakan model pembelajaran PBL ditinjau dari gaya kognitif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mixed method dengan desain penelitian yaitu sekuensial eksplanatori. Populasi adalah siswa kelas VII SMPN 2 Demak tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dengan teknik random sampling, diperoleh kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen. Penentukan subjek dengan teknik purposive sampling, diperoleh enam subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi. Pertimbangan memilih tiga siswa pada masing-masing gaya kognitif berdasarkan skor GEFT. Hasil penelitian adalah model pembelajaran PBL efektif dalam mendukung KBRM siswa pada materi segiempat dan siswa bergaya kognitif FD dan FI mampu melaksanakan semua indikator KBRM yang memiliki deskripsi yang berbeda. Siswa bergaya kognitif FD cenderung mengalami kesulitan dalam menemukan hubungan antar informasi yang diperoleh serta mudah terpengaruh oleh lingkungan, sementara siswa bergaya kognitif FI cenderung tidak mengalami kesulitan dalam menemukan hubungan antar informasi yang diperoleh serta tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan.

Article Details

How to Cite
Nuriana, K., Pujiastuti, E., & Soedjoko, E. (2018). Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Kelas VII Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Model Pembelajaran PBL. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 177-188. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/19604
Section
Articles

References

Al-Salameh, E.M. 2011. A Study of Al-Balqa’ Applied University Students Cognitive Style. Canadian Center of Science and Education 4(3), 189 – 191. (Online).(http://www.ccsenet.org/journal/index.php/ies/article/view/11590, diakses 30 Desember 2016).
Creswell, J.W. 2016. Research Design: Pendekatan Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran. Translated by Fawaid, A. & R. K. Pancasari. Yogyakarta: SAGE Publication.
Demirel, M., Derman, I. & Karagedik, E. 2015. A Study on the Relationship Between Reflective Thinking Skills Towards Problem Solving and Attitudes Towards Mathematics. Procedia-Social and Behavioral Sciences 192, 2086 – 2096. (Online). (http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S187704281504327X, diakses 30 Desember 2016).
Henderson, K., Napan, K. & Monteiro, S. 2004. Encouraging Reflective Thinking Learning: An Online Challenge. ASCILITE. (Online). (http://www.ascilite.org/conferences/perth04/procs/henderson.html, diakses 01 Februari 2017).
Madiya, I.W. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Prestasi Belajar Kimia dan Konsep Diri Siswa SMA Ditinjau dari Gaya Kognitif. (Tesis). Universitas Pendidikan Ganesha. Bali.
Mulyono. 2011. Proses Berpikir Mahasiswa Field Independent dan Field Dependent dalam Merekonstruksi Konsep Grafik Fungsi Berorientasi pada Teori APOS. (Disertasi). Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.
Nasriadi, A. 2016. Berpikir Reflektif Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif. NUMERACY, 3(1), 15–26. (Online). (http://numeracy.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/29, diakses 30 Desember 2016).
Nindiasari, H. 2011. Pengembangan Bahan Ajar dan Instrumen untuk Meningkatkan Berpikir Reflektif Matematis Berbasis Pendekatan Metakognitif pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). In Prociding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta.
Niroomand, S.M. & M. Rostampour. 2014. Field Dependence/Independence Cognitive Styles: Are They Significant at Different Levels of Vocabulary Knowledge?.International Journal of Education & Literacy Studies, 2(1), 52 – 57. (Online). (http://search.proquest.com/openview/9cb85b2bcf524e2b3d0d33beb7d57929/1?pq-origsite=gscholar&cbl=2041009, diakses 30 Desember 2016).
Noer, S.H. 2008. Problem-Based Learning dan Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Pembelajaran Matematika. In Prociding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta.
OECD. 2016. PISA 2015 Results (Volume I): Excellence and Equity in Education. (Online). (http://www.keepeek.com/Digital-Asset-Management/oecd/education/pisa-2015-results-volume-i_9789264266490-en#.WJlW8eChthk#page1, diakses 07 Februari 2017).
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.