Desain Model Permainan Tradisional Sunda Manda dalam Meningkatkan Multiple Intelegensi Pebelajar

Main Article Content

Lusi Rachmiazasi Masduki
Eem Kurniasih

Abstract

Belum banyaknya tutor yang menggunakan model pembelajaran berbasis permainan tradisional dalam proses tutorial, membuat mahasiswa belum mengenal secara spesifik kegunaan permainan tradisional dalam pembelajaran di kelas, oleh sebab itu mahasiswa UT khususnya di pokjar kota semarang perlu dikenalkan model permainan tersebut untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme terhadap permainan yang ada di Indonesia, sedangkan mata kuliah yang diambil adalah pembelajaran matematika SD karena mata kuliah ini sangat cocok diajarkan bagi para mahasiswa yang mayoritas guru sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa Model pembelajaran berbasis permainan tradisional sunda manda pada mata kuliah pembelajaran matematika SD di Universitas Terbuka sehingga dapat meningkatkan multiple intelegensi mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp dengan Model ini terdiri dari lima fase, yaitu (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi, (4) fase tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) fase implementasi. Data diambil melalui validasi ahli untuk uji produk berupa model pembelajaran dan validasi lapangan untuk uji implementasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk desain Model Permainan Tradisional Sunda Manda untuk Meningkatkan Multiple Intelegensi telah divalidasi oleh 2 orang validator dari Universitas PGRI Semarang yaitu ahli desain pembelajaran berbasis multiple intelegensi dan ahli materi matematika dengan rata-rata validasinya 92 dan 84 artinya produk pengembangan model permainan sunda manda layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran mata kuliah pembelajaran matematika SD di universitas terbuka,

Article Details

How to Cite
Masduki, L. R., & Kurniasih, E. (2018). Desain Model Permainan Tradisional Sunda Manda dalam Meningkatkan Multiple Intelegensi Pebelajar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 189-196. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/19607
Section
Articles

References

Adi, Banu Setyo. 2014. Permainan Kecil “Sunda Manda” Sebagai Alternatif Bermain Anak Usia Dini. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Ahvan Y, R dan Hossein Z, P. 2016. The correlation of multiple intelligences for the achievements of secondary students. Educational Research and Reviews 11, 141-145.
Andang, Ismail. 2006. Educatioin Games. Yogyakarta: Pilar Media.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ayuningtyas, Rusma. 2015. Pengembangan Model Permainan Tradisional Gobak Sodor Melalui Gosibol Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sanetan Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang. (Skripsi). Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Budiartati, E. 2007. Pembelajaran Melalui Bermain Berbasis Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini. Lembaran Ilmu Kependidikan 36(2).
Fagan, R. 2006. Conseling and Treating Adolescents with Alcohol and Other Substance Use Problems and their Family. The Family Journal: Counseling therapy For Couples and Families 14, 4.326-333.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hurlock B, E. 2013. Perkembangan Anak Jilid 1, Edisi keenam (Terjemahan oleh Meitsari Tjadrasa, dan Muslichah Zarkasih). Jakarta: Erlangga.
Munanadar, Utami. 2006. Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Plomp, T. 1997. Educational and Training System Design. Enschede: University of Twente..
Simatupang, Nurhayati. 2005. Bermain Sebagai Upaya Dini Menanamkan Aspek Sosial Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasman 3, 1.
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wardani, Dani. 2009. Bermain Sambil Belajar. Yogyakarta: Edukasia.