Analisis Hasil Asesmen Diagnostik dan Pengajaran Remedial pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Model Problem Based Learning

Main Article Content

Prihatina Hikmasari
Kartono Kartono
Scolastika Mariani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji apakah kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning dapat mencapai ketuntasan individual dan klasikal; (2) mendeskripsikan proses tindak lanjut yang tepat untuk peserta didik yang tidak dapat mencapai ketuntasan setelah memperoleh pembelajaran dengan model Problem Based Learning; (3) mendeskripsikan analisis hasil asesmen diagnostik dan pengajaran remedial pada pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dengan model Problem Based Learning. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Shot Case Study. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Kelas VII A SMP Empu Tantular Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terpilih berdasarkan pertimbangan tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah mixed methods concurrent embedded. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode tes (tes diagnostik dan sumatif), metode dokumentasi dan metode wawancara. Simpulan dari penelitian ini diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah dengan asesmen diagnostik dan pengajaran remedial pada model Problem Based Learning dapat mencapai ketuntasan individual dengan nilai 70 dan ketuntasan klasikal lebih dari 75%. Kemudian deskripsi proses tindak lanjut bagi peserta didik yang tidak tuntas setelah memperoleh pembelajaran dengan model Problem Based Learning dengan pelaksanaan tes diagnostik dan pengajaran remedial. Sedangkan untuk deskripsi hasil analisis asesmen diagnostik dan pengajaran remedial pada pencapaian kemampuan pemecahan masalah diperoleh subjek penelitian dari 7 peserta didik masuk kelompok atas, 29 peserta didik masuk kelompok sedang, dan 4 peserta didik masuk kelompok kurang.

Article Details

How to Cite
Hikmasari, P., Kartono, K., & Mariani, S. (2018). Analisis Hasil Asesmen Diagnostik dan Pengajaran Remedial pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Model Problem Based Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 400-408. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/19610
Section
Articles

References

Akinoglu, Orhan & Ruhan Ozkardes Tandogan. 2007. The Effects of Problem-Based Active Learning in Science Education on Students’Academic Achievement, Attitude and Concept Learning. Eurasis Journal of Mathematics, Science & Technology Education 3(1), 71-81.
Belgin, Ibrahim. 2009. The Effects of Problem-Based Learning Instruction on University Students Performance of Conceptual an Quantitative Problems in Gas Concepts. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education 5(2), 153-164.
Chrisnajanti, W. 2002. Pengaruh Program Remedial terhadap Ketuntasan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur 1(1), 81-86.
Duskri, M., Kumaidi, K., & Suryanto, S. 2014. Pengembangan Tes Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika di SD. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 18(1), 44-56.
Geller, L.R & Paul Yovanoff. 2009. Diagnostic Assessment in Mathematics to Support Instructional Decision Making. Practical Assesment, Research & Evaluation 14(16), 1-11
Gunantara, G., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. . Jurnal mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha 2(1).
Mulyadi. 2008. Diagnostik Kesulitan Belajar. Malang: Nuha Litera
Othman, Fadel H. M. Al & Khaled M. Shuqair. 2013. Effectiveness of the Remedial Course on Improving ELF/ESL Students’ Performance at University Level in the Arab World. International Journal of Higher Education 2(3), 132-138
Padmavathy, R. D., & Mareesh, K. 2013. Effectiveness of Problem Based Learning In Mathematics. International Multidisciplinary e-Journal 2(1), 45-51.
Putra, S.R.2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: DIVA press.
Saputra, A. D., & Suhito, S. 2015. Keefektifan Adaptive Remedial Teaching Strategy Berlatar Pembelajaran Aktif dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Jurusan IPS. Unnes Journal of Mathematics Education 4(1).
Selvarajan, P., & Vasanthagumar, T. 2012. The impact of remedial teaching on improving the competencies of low achievers. International Journal of Social Science & Interdisciplinary Research 1(9), 49-59.
Selcuk, Gamze Sezgin. The effects of problem-based learning on pre-service teachers’ achievement, approaches and attitudes towards learning physics. International Journal of the Physical Sciences 5(6), 711-723.
Sun, Y., & Suzuki, M. 2013. Diagnostic Assessment for Improving Teaching Practice. International Journal of Information and Education Technology 3(6), 607.
Suwarto. 2013. Pengembangan Tes Diagnostik. Jurnal Pendidikan 22(2), 187-202.
Zhao, Zhangbao. 2013. An Overview od Studies on Diagnostic Testing and its Impplications for the Development of Diagnostic Speaking Test. International Journal of English Linguistics 3(1), 41-45