Meningkatkan Keterampilan HOTS Siswa melalui Permainan Kartu Soal dalam Pembelajaran PBL

Main Article Content

Suwarsi Suwarsi
Zaenal Mukti
Ardhi Prabowo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan HOTS siswa melalui Permainan Kartu Soal dalam pembelajaran PBL. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIG SMPN 9 Semarang yang berjumlah 32 siswa dan materi yang dipilih adalah materi pola bilangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, rubrik penilaian keterampilan HOTS dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini dikatakan berhasil jika memenuhi indikator keberhasilan, yaitu 1) keterampilan HOTS siswa pada siklus I meningkat dari pra siklus dan meningkat dari siklus satu ke siklus berikutnya; dan nilai tes siswa dengan kategori soal menganalisis, mengevaluasi dan mencipta mencapai KKM yaitu ≥ 73 dengan ketuntasan klasikal ≥ 85%. Indikator untuk mengukur keterampilan HOTS siswa meliputi: (1) menganalisis: siswa terampil dalam memisahkan materi menjadi bagian-bagian penyusunannya  dan mendeteksi bagaimana suatu bagian berhubungan dengan satu bagiannya yang lain; (2) mengevaluasi: siswa terampil dalam membuat keputusan berdasarkan kreteria yang standar (3) mencipta: siswa terampil dalam merencanakan suatu cara untuk membuat rancangan untuk menyelesaikan suatu tugas yang diberikan dan menyelesaikannya. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan HOTS siswa melalui Permainan Kartu Soal dalam pembelajaran PBL. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes siswa dalam menyelesaikan soal-soal HOTS sebelum tindakan sebanyak 18 siswa tuntas (56%) dengan nilai rata-rata kelas 57,81 dan predikat keterampilan HOTS sedang, setelah tindakan menjadi 28 siswa tuntas (88%) dengan rata-rata kelas 84,38 dan predikat keterampilan HOTS tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan membiasakan siswa berlatih soal HOT melalui Permainan Kartu Soal dalam pembelajaran PBL dapat meningkatkan keterampilan HOTS siswa kelas VIIIG SMPN 9 Semarang.

Article Details

How to Cite
Suwarsi, S., Mukti, Z., & Prabowo, A. (2018). Meningkatkan Keterampilan HOTS Siswa melalui Permainan Kartu Soal dalam Pembelajaran PBL. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 248-255. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19612
Section
Articles

References

Ajai, J.T., Imoko, B.I., & O’kwu. E.I. 2013. Comparison of the learning effectiveness of problem-based learning (pbl) and conventional method of teaching algebra. Journal of Education and Practice 1(4), 131-135. Tersedia di http://www.ii-ste.org/¬Journals/index.php/JEP/article/view/4053/0.
Aisyah, Nyimas, Zulkardi dan Lewy. 2009. Pengembangan Soal Untuk Mengukur Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Barisan dan Deret Bilangan di Kelas IX Akselerasi SMP Xaverius Palembang. (Online). (http://eprints.un-sri.ac.id/¬820/1/2_Lewy_14-28.pdf).
Barrett, T. 2010. The problem-based learning process as finding and being in flow.Innovations in Education and Teaching International 47(2), 165–174.
DePorter, Bobbi and Hernacki, Mike. 2011. Quantum Learning. Bandung: Mizan Pustaka.
Fatade, A.O., Mogari, D., & Arigbabu, A.A. 2013. Effect of problem-based learning on senior secondary school students’ achievements infurther mathematics. Acta Didactica Napocensia 3(6), 27-43. (Online). (http://padi.psiedu.ubbcluj.ro/adn/-article_6_3_4.pdf).
Fitriono, Y., Rochmad, & Wardono. 2015. Model PBL Dengan Pendekatan PMRI Berpenilaian Serupa PISA Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa, UJMER 4(1), 56-65. (Online). (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/-ujmer/article/view/6908).
Kundaje, A., Meuleman, W., Ernst, J., Bilenky, M., Yen, A., Heravi-Moussavi, A., ... & Amin, V. 2015. Integrative analysis of 111 reference human epigenomes. Nature 518(7539), 317-330.
Prabowo, Ardhi. (2012). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa atas Permasalahan Statistika pada Perkuliahan Studi Kasus dan Seminar, Jurnal Kreano 3(2). ISSN : 2086-2334.
Sastrawati, E., Rusdi, M., & Syamsurizal. 2011. Problem-based learning, strategi metakognisi, dan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa, Tekno-Pedagogi 1(2), 1-14. (Online). (https://sepash.files.wordpress.com/2013/06/strategi-metakog.pdf).
Susanto, Edi., & Retnawati, Heri. 2016. Perangkat Pembelajaran Matematika Bercirikan PBL Untuk Meningkatkan HOTS Siswa SMA, Jurnal Riset Pendidikan Matematika 3(2), 189-197. (Online). (http://journal.uny.ac.id/index.php/-jrpm/article/¬view/10632).