Analisis Kemampuan Literasi Matematika dan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Schoology

Main Article Content

Wicaksana Y
Wardono Wardono
Ridlo S

Abstract

Literasi matematika merupakan kemampuan individu untuk merumuskan, menggunakan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks, termasuk kemampuan melakukan literasi matematika dan menggunakan konsep, prosedur, fakta, sebagai alat untuk mendeskripsikan, menerangkan dan memprediksi suatu fenomena. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji kriteria kualitas pembelajaran PjBL berbantuan Schoology, dan (2) menganalisis kemampuan literasi matematika dan karakter rasa ingin tahu epistemik siswa kelas XI IPA SMA Karangturi Semarang pada pembelajaran PjBL berbantuan Schoology pada materi turunan fungsi.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixed method dengan desain concurrent embedded. Penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif berjalan beriringan dimana penelitian kuantitatif sebagai metode primer. Jenis penelitian kuantitatif yang digunakankan adalah penelitian eksperimen. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPA SMA Karangturi Semarang. Pada tahap awal dilakukan pengelompokan siswa pada kelas eksperimen berdasarkan kemampuan awal dengan memperhatikan kemampuan literasi matematika kemudian dipilih tiga kelompok siswa untuk dianalisis kemampuan literasi matematika dan karakter rasa ingin tahunya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa pada pembelajaran berbasis proyek berbantuan Schoology tuntas. Kemampuan literasi matematika siswa pada pembelajaran proyek berbantuan Schoology lebih dari siswa pada pembelajaran langsung dan meningkat. Aspek karakter rasa ingin tahu epistemik memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan literasi matematika. Peningkatan karakter rasa ingin tahu epistemik memiliki pengaruh kepada kemampuan literasi matematika. Kemampuan – kemampuan yang memperoleh pengaruh tersebut diantaranya adalah communicating, mathematizing, representation, reasoning, using symbolic formal and technical operation dan using mathematics tools.

Article Details

How to Cite
Y, W., Wardono, W., & S, R. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Schoology. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 416-425. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/19614
Section
Articles

References

Balecina, R.R & Ocampo, J.M. 2016. Mathematical Curiosity, Epistemological Beliefs, and Mathematics Performance of Freshman Preservice Teachers. Mimbar Pendidikan: Jurnal Indonesia untuk Kajian Pendidikan 1(1).
Cervantes, B.M. 2013. The Impact of Project-Based Learning on Mathematics and Reading Achievement Of 7th and 8th Grade Students in A South Texas School District. Texas: Texas A&M University-Corpus Christi
Hudojo, H. 2003. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta : Depdiknas
Indopos. 2016. Presiden Tetapkan Unas Berlanjut.
Klein, J.I. 2009. Project-Based Learning: Inspiring Middle School Students to Engage in Deep and Active Learning. New York : NYC Department of Education
Leherisey, B.L. 1971. The Development of a Measure of State Epistemic Curiosity. Tallahassee : Florida State Univ.
Litman, J.A & Jimerson, T.L. 2003. Measuring Epistemic Curiosity and Its Diversive and Specific Components. Journal of Personality Assessment 80(1), 75 - 86.
OECD. 2009. Take The Test : Sample Question from OECD’s PISA. (Online). (http://www.oecd.org, diakses)
OECD. 2016. PISA 2015: PISA Result In Focus.(Online). (http://www.oecd.org, diakses)
Ojose, B. 2011. Mathematics Literacy: Are We Able To Put The Mathematics We Learn Into Everyday Use?. Journal of Mathematics Education 4(1), 89 - 100.
Prendergast, M., Faulkner, F., & O’Hara, C. 2016. The Effect of High Literacy Demands in Mathematics on International Students. International Journal of Educational Studies in Mathematics, 3(2)
Puspendik. 2016. Laporan Hasil UN 2015/2016. Jakarta : BSNP
Mahdiansyah, M., & Rahmawati, R. 2014. Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia 1. Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia 1 20(4), 452-469.
Rizka, S., & Mastur, Z. 2014). Model Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research 3(2).
Setiawan, D. 2013. Peran Pendidikan Karakter dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1)
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Jakarta : ALFABETA