Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis dan Kerja Sama Siswa Kelas VIII F Melalui DL Berbantuan LKS Bertema

Main Article Content

Suwarsi Suwarsi
Avika Dias Saputra
Ardhi Prabowo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengingkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan sikap kerja sama siswa melalui penerapan model Discovery Learning (DL) berbantuan LKS bertema. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian adalah 32 siswa kelas VIII F SMP N 9 Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Instrumen pengambilan data meliputi lembar tes pemahaman konsep matematis, lembar observasi, angket, wawancara, dan rubrik penilaian LKS. Analisis data meliputi reduksi, pemaparan, dan simpulan. Materi yang terlibat adalah konsep relasi dan fungsi pada KD 3.3 dan KD 4.3. Indikator keberhasilan penelitian meliputi (1) rataan nilai aktivitas penemuan/penyelidikan LKS minimal 75, (2) rataan nilai tes kemampuan pemahaman konsep matematis minimal 78, dan (3) kategori sikap kerja sama minimal baik.


Hasil penelitian menunjukan (1) penerapan DL siklus 1 dengan LKS bertema lingkungan sekolah, rata-rata nilai kemampuan pemahaman konsep 72,1 dan kategori sikap kerja sama adalah sedang, (2) penerapan DL siklus 2 dengan LKS bertema sains (biologi), rata-rata nilai kemampuan pemahaman konsep 75,7 dan kategori sikap kerja sama adalah baik, dan (3) penerapan DL siklus 3 dengan LKS bertema keluarga, rata-rata nilai kemampuan pemahaman konsep 78,2 dan kategori sikap kerja sama adalah baik.

Article Details

How to Cite
Suwarsi, S., Saputra, A. D., & Prabowo, A. (2018). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis dan Kerja Sama Siswa Kelas VIII F Melalui DL Berbantuan LKS Bertema. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 40-48. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19676
Section
Articles

References

Balim, A.G. 2009. The Effects of Discovery Learning on Students Success and Inquiry Learning Skills. Eurasian Journal of Education Research. 35(1), 1-20.
Baun, S.G. & Wardhayani, S. 2015. Peningkatan Kualitas Pembelajaran PPKn melalui Model DL dengan Media Visual. Joyful Learning Unnes Journal. 4(1), 27-35.
Choo, S.S.Y, Rotgans, J.I., Yew, E.HJ & Schmidt, HG. 2011. Effect of worksheet scafflods on student learning in problem based-learning. Advances in Health Sciences in Education. 16(4), 517-528.
Gűner, P., Ersoy, E. & Temiz, T. 2013. 7th and 8th Grade Students Generalization Strategies of patterns. International Journal of Global Education-2013. 2(4), 38-54.
Hariyanto, A. 2016. Pengaruh Discovery Learning berbantuan Paket Program Simulasi PHET terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan: 1(3), 365-379.
Helmane, I. 2017. Thematic Approach and Mathematics Textbooks in Primary School. In proceedings of The International Scientifical Conference. Jelgava
Rochmad. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: FMIPA Unnes
Utomo, D.P. 2011. Masalah Masalah dalam Pembelajaran Matematika di SLTP.
McNiff, J. & Whitehead, J. 2002. Action Research: principles and practices (2nd ed.).USA: Routledge Falmer
Vallori, A.B., 2014. Meaningful Learning in Practice. Journal of Education and Human Development.3(4):199-209.
Wahjudi, E. 2015. Penerapan Discovery Learning dalam Pembelajaran IPA Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas IX-1 di SMP Negeri Kalianget. Jurnal Lentera Sains (Lensa). 5(1): 1-16.