Analisis Sensitivitas Produksi Kopi Sambung

Main Article Content

Ulfasari Rafflesia

Abstract

Persoalan optimasi dalam kehidupan sehari-hari dapat diselesaikan dengan menggunakan Program Linier. Salah satunya adalah optimasi produksi kopi sambung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sensitifnya solusi optimal terhadap perubahan  data dengan melakukan analisis pasca optimal (analisis sensitivitas) sehingga solusi optimal tidak berubah. Prosedur penyelesaian penelitian ini adalah merumuskan persoalan ke dalam  model program linier, mencari solusi optimal dari model program linier dan melakukan analisis sensitivitas dari solusi optimal yang diperoleh. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa solusi optimal diperoleh dengan mengkonversi semua pohon kopi tradisional menjadi kopi sambung pada tahun pertama. Kemudian dengan menggunakan analisis sensitivitas terlihat bahwa perubahan koefisien pada fungsi tujuan dan perubahan nilai pada sisi kanan untuk rentang tertentu memperlihatkan bahwa solusi masih tetap optimal.

Article Details

How to Cite
Rafflesia, U. (2018). Analisis Sensitivitas Produksi Kopi Sambung. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 840-846. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/19683
Section
Articles

References

BPS Propinsi Bengkulu. 2012. Bengkulu Dalam Angka 2012. Bengkulu
Kurniawan, I. 2011. Meninggalkan Cara Lama, Beralih ke Kopi Sambung. (Online). (http://ekonomi.kompasiana.com/agrobisnis/2011/10/12/meninggalkan-cara-lama-beralih-ke-kopi-sambung-402782.html, diakses 24 Februari 2015)
Winston, W. L., & Goldberg, J. B. (2004). Operations research: applications and algorithms (3). Belmont: Thomson Brooks/Cole.