Penerapan Klasifikasi Decision Tree dan Model Log Linear dalam Penanganan Kecelakaan Kerja

Main Article Content

Sofi Khoirun Nisak
Jaka Nugraha

Abstract

Angka kecelakaan kerja di PT. Pertamina pada tahun 2016 tergolong tinggi. Pada tahun 2016 unsur kecelakaan kerja yakni unsafe action dan unsafe condition di PT. Pertamina Cepu mengalami kenaikan yang signifikan. Analisis penanganan pekerja terhadap kecelakaan kerja dinilai kurang. Faktor yang diamati dalam terjadinya kecelakaan kerja adalah klasifikasi kecelakaan, tingkat resiko, lokasi, lama penanganan dan status penanganan kecelakaan kerja. Oleh karena itu, peneliti  ingin mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh serta memprediksi aturan-aturan (rules) dalam pola status penanganan kecelakaan kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah pohon keputusan (Decision Tree) dan Model Log Linear. Pohon Keputusan (Decision Tree) merupakan metode yang digunakan dalam pengklasifikasian data teks dengan mempbuat suatu prediksi serta aturan-aturan (rules) dalam pengambilan keputusan.. Model Log Linear dapat mengetahui pola hubungan antar variable. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa terdapat 3 faktor yang berpengaruh dominan pola status penanganan kecelakaan kerja, yakni  kriteria pengamatan jenis kecelakaan kerja, tingkat resiko dan lama penangananya dengan tingkat akurai sebesar 68,9% serta menghasilkan 4 aturan pola penanganan. Model Log Linear berdasarkan faktor status, klasifikasi dan lokasi  menyatakan bahwa faktor lokasi terjadinya kecelakaan kerja berpengaruh pada pola status penanganan kecelakaan kerja. Sehingga dapat dikatakan bahwa faktor kriteria pengamatan jenis kecelakaan kerja, tingkat resiko, lama penanganan dan lokasi berpengaruh terhadap pola penanganan kecelakaan kerja.

Article Details

How to Cite
Nisak, S. K., & Nugraha, J. (2018). Penerapan Klasifikasi Decision Tree dan Model Log Linear dalam Penanganan Kecelakaan Kerja. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 445-455. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/19691
Section
Articles

References

Mutiara, S. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Ghalia.
Nugraha, J. 2014. Pengatar Analisis Data Kategorik. Yogyakarta : Deepublish.
Nisak, S.K. 2016. Implementation of a Multiple Regression Analysis of Ozzupational Safety and Health to the Charging PEKA (Pengamatan Keselamatan Kerja). Journal in The 2nd International Conference On Apllied Statistics (ICASS 2016).
Tarwaka. 2014. Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Manajemen dan Implementasi K3 di Tempat Kerja. Surakarta : Harapan Press.