Pengintegrasian Etnomatematika Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah

Main Article Content

Nurkaromah Dwidayati

Abstract

Tujuan penelitian adalah menganalisis pengintegrasian etnomatematika dalam pembelajaran berbasis masalah. Penelitian dilakukan di Kabupaten Kudus  dengan cara mengobservasi berbagai produk budaya yang memiliki relasi dengan konsep-konsep matematika, kemudian mengintegrasikannya dalam pembelajaran berbasis masalah. Untuk menggali informasi lebih dalam dilakukan wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan, berbagai bentuk etnomatematika, seperti bangunan cagar budaya maupun noncagar budaya serta makanan tradisional memiliki relasi dengan konsep-konsep matematika, seperti bangun datar, bangun ruang, himpunan, simetri, statistika, dan  aritmetika sosial.

Article Details

How to Cite
Dwidayati, N. (2018). Pengintegrasian Etnomatematika Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 516-521. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/20135
Section
Articles

References

Athar. 2012. Pengembangan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Budaya Cerita Rakyat Melayu Riau. Makalah. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Univerisitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta, 10 November 2012.
Bygholm, A. and L. Dirckinck-Holmfeld, L. 1997. Pñdagogik i det virtuelle lñremiljù: metodiske over-vejelser (Pedagogy in the virtual classroom: Methodological reflections), in O. Danielsen (ed.), Lñring og multimedier (Learning and Multimedia), Aalborg: Aalborg University Press.
Cowan, J. 1998. On Becoming an Innovative University Teacher: Reflection in Action, The Society for Research into Higher Education and Open Buckingham: University Press.
Freudenthal, H. 1991. Revisiting Mathematics Education. Dordrecht: D. Reidel Publishing, Co
Gijselaers, W.H. 1996. Connecting problem-based practices with educational theory, in L. Wilkerson and W. H. Gijselaers (eds.), Bringing Problem-Based Learning to Higher Education: Theory and Practice, San Francisco : Jossey-Bass Publishers.
Hansen, S. 2000. Vejledning og evaluering af den refleksive praktiker (Advising and evaluation of the reflective practioner), Ph.D. (dissertation), Aalborg University: Department for Development and Planning.
Heuvel & Panhuizen. 1996. Assessment and Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freudenthal Institute.
Knijnik, G. 1994. Ethno-Mathematical Approach in Mathematical Education: a Matter of Political Power. For the Learning Mathematics, Vol 14 No.1
UNESCO. 1998. Education For the Twenty-first Century: Issues and Prospect. UNESCO Publishing.