Pendampingan Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Konservasi pada MI Roudhotul Huda Sekaran Kecamatan Gunungpati Semarang

Main Article Content

Isnaini Rosyida
Nuriana Rachmani Dewi (Nino Adhi)
Arief Agoestanto

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan dapat dicapai apabila guru dapat mentransfer ilmu kepada siswa dengan baik dan selalu berupaya mengembangkan kemampuan dan kreatifitasnya dalam mengajar. Penggunaan media pembelajaran terutama dalam Mata Pelajaran Matematika sudah bukan lagi hal yang baru. Media Pembelajaran Matematika telah dirasakan memiliki banyak manfaat dalam membantu siswa mempelajari dan memahami berbagai konsep penting dalam matematika. Saat ini guru-guru MI Roudhotul Huda Sekaran Kecamatan Gunungpati kota Semarang yang semuanya merupakan guru kelas, mengeluhkan kurangnya keterampilan berhitung matematika para siswanya. Pendampingan pemanfaatan barang daur ulang untuk dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan media pembelajaran khususnya untuk membantu meningkatkan keterampilan berhitung siswa, diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas guru dalam rangka peningkatan mutu pendidikan utamanya dalam mengatasi masalah kesulitan dan kesalahan konsep yang ditemui dalam keterampilan berhitung pada Mata Pelajaran Matematika. Pemanfaatan barang daur ulang selain ekonomis dalam segi biaya karena menggunakan barang yang sudah tidak terpakai namun masih dapat dimanfaatkan. Pemanfaatan barang daur ulang juga dimaksudkan untuk mengajak guru serta mengajarkan siswa untuk ikut serta dalam upaya konservasi sumber daya alam dan lingkungan.  Manfaat lainnya, produk media pembelajaran yang dihasilkan dapat meningkatkan keterampilan berhitung siswa.

Article Details

How to Cite
Rosyida, I., Dewi (Nino Adhi), N. R., & Agoestanto, A. (2018). Pendampingan Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Konservasi pada MI Roudhotul Huda Sekaran Kecamatan Gunungpati Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 547-550. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/20140
Section
Articles

References

Darhim. (1993). WorkShop Matematika. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara DIII.
Dimyati & Mudjiono. (1994). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Depdikbud.
Fehr, H. (1963). The role of physics in the teaching of mathematics. The Mathematics Teacher, 56(6). hlm. 394-399.
Sudjana, N dan Rivai, A. 1991. Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Soeharto, K. 2003. Teknologi Pembelajaran, Jakarta: Kencana.
Suyitno A, Pandoyo, Hidayah I, Suhito, Suparyan. (2000). Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang:Pendidikan Matematika FMIPA UNNES.