Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran CPS Menggunakan Media CD Interaktif dan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar

Main Article Content

Nur Maliya
Sudargo Sudargo
Muhtarom Muhtarom

Abstract

Pembelajaran yang kurang mampu memotivasi siswa untuk aktif dan kurang memahami materi sehingga hasil belajarnya kurang maksimal. Oleh karena itu, guru harus menggunakan model pembelajaran dan media yang mampu membuat siswa lebih memahami materi dan berperan aktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajarnya maksimal diantaranya model pembelajaran CPS dengan media CD Interaktif dan media Alat Peraga.


 Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran CPS dengan media CD Interaktif dan media Alat Peraga terhadap hasil belajar pada materi bilangan bulat siswa SMP kelas VII semester 1.


       Penelitian dilaksanakan di SMP N 1 Mlonggo Jepara semester 1 tahun ajaran 2014/2015 pada bulan agustus 2014. Subjek penelitian adalah kelas VIIA, VIIB, VIIC, VIID. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah metode dokumentasi dan metode tes. Metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data tentang nama siswa, jumlah siswa yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan metode tes digunakan untuk mendapatkan data tentang hasil belajar siswa pada materi bilangan bulat.


Berdasarkan penelitian diketahui bahwa rata-rata pada tes awal (pre-test) kelas eksperimen 1 adalah 70,7, kelas eksperimen 2 adalah 67,6 dan kelas kontrol adalah 67,1. Pada anava awal Fhitung < Ftabel yaitu 1,595 < 3,0764 sehingga Ho diterima, hal ini berarti tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran CPS dengan menggunakan media CD Interaktif, media Alat Peraga dan yang hanya menggunakan model pembelajaran CPS.


Kemudian pada data akhir yaitu (Post-test) diketahui bahwa rata-rata pada kelas eksperimen 1 adalah 75,1, kelas eksperimen 2 adalah 74, dan kelas kontrol adalah 68. Pada anava akhir Fhitung > Ftabel yaitu 5,7184 > 3,0764 sehingga Ho ditolak, hal ini berarti ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa jika diterapkan model pembelajaran CPS dengan media CD Interaktif, Alat Peraga, dan model CPS Kemudian dilakukan uji hipotesis lanjutan menggunakan uji-t dua pihak dan satu pihak diperoleh bahwa tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa mendapat model pembelajaran CPS dengan media CD Interaktif, Alat Peraga. Rata-rata hasil belajar siswa yang mendapat model pembelajaran CPS dengan media CD Interaktif lebih baik dari daripada yang mendapat model pembelajaran CPS saja. Rata-rata hasil belajar siswa yang mendapat model pembelajaran CPS dengan media Alat Peraga lebih baik dari daripada yang mendapat model pembelajaran CPS saja.


Kesimpulannya adalah model pembelajaran CPS dengan media CD Interaktif, dan media Alat Peraga lebih berpengaruh daripada model pembelajaran CPS saja pada materi  bilangan bulat siswa SMP kelas VII semester 1.

Article Details

How to Cite
Maliya, N., Sudargo, S., & Muhtarom, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran CPS Menggunakan Media CD Interaktif dan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 633-640. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/20209
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
------------------------. 2010. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 1990. Metode Belajar dan Kesulitan – Kesulitan Belajar. Jakarta: Tarsindo.
Handoko . 2007. Belajar Matematika Menggunakan Media .( Online). (http://handono-aksak.blogspot.com/2007/12/ diakses tanggal 12 maret 2014).
Kustandi, Cecep., dan Sutjipto. Bambang. 2011.Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Purwanto, Ngalim. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Tarsindo.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suryosubroto. 2009.Proses Belajar Mengajar diSekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.