APLIKASI PENGENDALIAN KUALITAS STATISTIK PROSES PRODUKSI ALUMINIUM MENGGUNAKAN DIAGRAM KONTROL p

Main Article Content

Annisa Rani Evianti
Sukestiyarno Sukestiyarno
Ardhi Prabowo

Abstract

Pengendalian kualitas statistik adalah teknik penyelesaiaan masalah yang digunakan sebagai pengendalian menggunakan metode statistik. Diagram kontrol p adalah diagram yang terdiri dari baris kontrol atas, sentral, dan kontrol bawah, dengan p adalah perbandingan antara banyaknya produk cacat dengan jumlah produksi. PT. Alutama merupakan suatu industri yang bergerak dibidang produksi aluminium yang membutuhkan pengendalian kualitas. Saat ini, industri tersebut belum melakukan pengendalian kualitas statistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana rancangan aplikasi pengendalian kualitas statistik proses produksi aluminium di PT. Alutama dengan menggunakan diagram kontrol p dan untuk mengetahui pendapat pegawai tentang aplikasi tersebut. Variabel yang digunakan adalah jumlah produksi dan total cacat bulan Januari-Maret 2017. Pada penelitian ini, menggunakan angket yang berisi pendapat pegawai tentang aplikasi ini. Aplikasi ini dirancang menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 dan database MySQL, yang dapat membantu mengefektifkan kerja pegawai dengan adanya laporan dan grafik, sehingga akan didapatkan hasil yang lebih jelas dan akurat. Hasil analisis yaitu pengendalian kualitas produksi aluminium bulan Januari-Maret 2017 tidak terkontrol. Bulan Januari-Maret masing-masing didapat nilai pbar = 0,0285; 0,0322; dan 0,0379 dengan 14, 19, dan 20 titik berada di luar Batas Kontrol Atas (BKA) dan Batas Kontrol Bawah (BKB). Setelah melihat dari hasil analisis, menurut pendapat pegawai aplikasi ini dapat bermanfaat, salah satunya yaitu dapat dijadikan laporan bulanan quality control ke pihak direksi. Jadi, dengan adanya aplikasi ini kerja pegawai jadi lebih efektif dan praktis.

Article Details

How to Cite
Evianti, A. R., Sukestiyarno, S., & Prabowo, A. (2018). APLIKASI PENGENDALIAN KUALITAS STATISTIK PROSES PRODUKSI ALUMINIUM MENGGUNAKAN DIAGRAM KONTROL p. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 696-703. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20219
Section
Articles

References

Ariani, D. W. 2004. Pengendalian kualitas statistik. Yogyakarta: Andi.
Atmoko, E.H. 2013. Program Akuntansi beserta Manajemen Aset Menggunakan
VB dan SQL Server. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Herjati, M. T. 2015. Aplikasi Pengendalian Kualitas Produksi Dengan Menggunakan Chart Control Proporsi Pada Industri Fish Fillet Di Kota Tegal. Disertasi, Universitas Negeri Semarang.
Khomah, I., & Rahayu, E. S. 2016. Aplikasi Peta Kendali p sebagai Pengendalian Kualitas Karet di PTPN IX Batujamus/Kerjoarum. AGRARIS: Journal of Agribusiness and Rural Development Research 1(1), 12-24.
Kurniawan, Titis. (2011). Aplikasi Teori Pengendalian Kualitas Proses Produksi pada Pengemasan Gula Tebu di PT. Industri Gula Nusantara Cepiring-Kendal. Disertasi. Universitas Negeri Semarang.
Lusiana, Ama. 2007. Analisis Pengendalian Kualitas Produk dengan Menggunakan Metode Six Sigma pada PT. Sandang Nusantara Unit Patal Secang. Disertasi. Universitas Negeri Semarang.
Praptono. 1986. Buku Materi Pokok 1 Statistika Pengawasan Kualitas. Jakarta:
Universitas Terbuka.
Sukestiyarno, S. 2015. Strategi Pengolahan Data Hasil Penelitian Pendidikan. In Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan I.