Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Geogebra Dengan Model Penemuan Terbimbing Pada Materi Bilangan Bulat

Main Article Content

Mahas Amri

Abstract

 


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar elektronik berbasis GeoGebra dengan model penemuan terbimbing pada materi bilangan bulat SMP kelas VII, serta mengetahui keefektifan pembelajaran menggunakan bahan ajar tersebut dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Langkah penelitian ini menggunakan model ADDIE  yang meliputi  Analysis, Design, Development,  Implementation, dan Evaluation.  Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yang memiliki kemampuan akademis  sama  yakni kelas VII F dan VIIG. Pada kelas VIIF pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan pembelajaran konvensional, sedangkan kelas VIIG pembelajaran dilaksanakan menggunakan bahan ajar elektronik berbasis GeoGebra, data penelitian diperoleh dari data nilai  Ujian Nasional, pemberian materi, dan  posttest.  Hasil  validasi ahli media diperoleh  angka  88%  dan ahli materi diperoleh 82,5%. Berdasarkan kriteria, bahan ajar ini masuk dalam kriteria yang sangat baik, sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran. Dari  analisis instrumen soal yaitu validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda menunjukkan bahwa soal yang digunakan untuk mendapatkan data akhir (posttest) terdapat 17 soal.   Berdasarkan analisis data  akhir  yang dilakukan, didapatkan harga thitung > ttabel yaitu 2,117 > 1,677 yang mengakibatkan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa  prestasi belajar siswa menunjukkan bahwa siswa kelas VIIG dengan pembelajaran menggunakan bahan ajar elektronik berbasis GeoGebra  lebih baik dibanding kelas VIIF yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Article Details

How to Cite
Amri, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Geogebra Dengan Model Penemuan Terbimbing Pada Materi Bilangan Bulat. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 792-795. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/20368
Section
Articles

References

DAFTAR PUSTAKA
Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.