Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kerja Sama Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning

Main Article Content

Vivi Fajar Setyaningrum
Putriaji Hendikawati
Sugeng Nugroho

Abstract

Abstrak


Pemahaman terhadap konsep-konsep matematika merupakan dasar untuk belajar matematika secara bermakna. Namun, kenyataannya banyak siswa yang kesulitan dalam memahami konsep matematika. Selain itu, saat melakukan diskusi kelompok siswa kurang bisa melakukan kerja sama dengan teman sekelompoknya. Terkait pentingnya kemampuan pemahaman konsep dan kerja sama siswa dalam memecahkan masalah, maka perlu adanya pemilihan model pembelajaran matematika dengan pendekatan yang dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kerja sama siswa. Salah satunya adalah model Discovery Learning. Dengan menggunakan model pembelajaran ini, siswa diharuskan memecahkan suatu masalah melalui kerja sama dengan temannya melalui diskusi kelompok. Selain itu, model pembelajaran ini memfasilitasi siswa untuk menemukan pengetahuannya sendiri. Dengan begitu, diharapkan siswa dapat lebih memahami konsep dari materi yang dipelajari.


Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah 33 siswa kelas X MIPA 2 SMA Kesatrian 1 Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Instrumen pengambilan data meliputi lembar tes pemahaman konsep, lembar observasi, angket, dan wawancara. Analisis data meliputi penyederhanaan data dan deskripsi data. Materi yang terlibat adalah pertidaksamaan eksponensial. Indikator Penelitian (1) kemampuan pemahaman konsep siswa meningkat apabila sekurang-kurangnya 75% jumlah siswa memperoleh nilai ≥ 75, (2) sikap kerja sama siswa meningkat dari siklus satu ke siklus berikutnya. Penelitian masih berlangsung sehingga data penelitian belum dapat diolah.

Article Details

How to Cite
Setyaningrum, V. F., Hendikawati, P., & Nugroho, S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kerja Sama Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 810-813. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20373
Section
Articles

References

DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, S. 2011. Pendidikan Tindakan Kelas Untuk Guru, Kepala Sekolah & Pengawas. Yogyakarta: Aditya Media.

Burais, Listika, dkk.2016. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning. Jurnal Didaktik Matematika 3 (1): 77-86.

Ilahi, Mohammad Takdir. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy & Mental Vocational Skill. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Murizal, Angga, dkk. 2012. Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika 1(1): 19-23.

Utari, Vivi, dkk. 2012. Jurnal Pendidikan Matematika (Online). (http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/1159/851) [diakses 13-06-2017]

Wulandari, dkk. 2015. UNNES Journal of Mathematics Education. (Online). (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/9054). Diunduh tanggal 1 September 2017.

Zevika, Mona, dkk. 2012. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Disertai Peta Pikiran. Jurnal Pendidikan Matematika 1 (1), 45-50.