Pembelajaran Trigonometri Materi Menentukan Tinggi Suatu Benda Berbantuan Klinometer Fleksibel

Main Article Content

Ahmad Sultoni

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk adalah  mengembangkan media pembelajaran Klinometer Fleksibel yang digunakan untuk mengukur sudut elevasi dalam menentukan tinggi suatu objek, sehingga bisa membantu memudahkan para guru matematika dalam menerangkan sudut elevasi khususnya untuk menentukan tinggi suatu benda dengan konsep perbandingan trigonometri. Media pembelajaran ini juga memberikan  kemudahan  bagi  siswa  dalam  memahami  materi  ajar  perbandingan trigonometri  karena  materi perbandingan  trigonometri dikembangkan dalam bentuk yang sederhana tetapi menarik.


Klinometer yang penulis kembangkan mempunyai kelebihan dibanding dengan klinometer sederhana yang sudah ada  yaitu adanya lingkaran busur fleksibel, busur bisa digeser sesuai dengan kebutuhan pengamat. Klinometer Fleksibel ini bisa digunakan untuk menentukan tinggi suatu benda dengan menggunakan  materi perbandingan trigonometri dan bisa juga dengan konsep kesebangunan perbandingan segitiga.

Article Details

How to Cite
Sultoni, A. (2018). Pembelajaran Trigonometri Materi Menentukan Tinggi Suatu Benda Berbantuan Klinometer Fleksibel. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 860-869. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/20385
Section
Articles

References

Dale, Edgar. 1969. Audio Visual Methods in Teaching. New Yorg: Holt, Rinehart and Winston Inc. The Dryden Press.
Greenwald, Sarah, Jill E Thomley. 1992. Encyclopedia of mathematics and society. USA. Salem Press.
Hamalik, O. 1994. Media Pendidikan, cetakan ke-7. Bandung: Penerbit PT. Citra Aditya Bakti.
Heinich, Robert, Michael Molenda, James D. Russel. 1982. Instructional Media: and the New Technology of Instruction. New York: Jonh Wily and Sons.
Sani, Ridwan Abdullah. 2012. Pengembangan Laboratorium Fisika. Unimed Press. Medan
Setiawan. 2004. Pembelajaran Trigonometri Berorientasi PAKEM di SMA. Yogyakarta: PPPG Matematika.
Widyantini., Sigit. 2010. Pemanfaatan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika SMP Diklat SMP Jenjang Dasar. P4TK Matematika. Yogyakarta.