Pengembangan Literasi Matematika Sekolah Dalam Perspektif Logical Reasoning

Main Article Content

Desi Hijri Astutik

Abstract

Keberadaan pendidikan memegang peran penting dalam menyiapkan  generasi  bangsa  yang  berkualitas sesuai perkembangan sains dan teknologi. Pendidikan matematika  menjadi pondasi dalam memanfaatkan pengetahuan secara optimal agar  lebih  cerdas  dan  kritis  dalam menerima  dan mengolah  informasi,  termasuk  di  dalamnya  adalah kemampuan penalaran logis. Oleh karena itu, kemampuan penalaran logis (logical thingking) dalam pendidikan matematika harus memiliki kemampuan  literasi  matematika  yang  memadai, agar mampu memanfaatkan  matematika  secara  teoritis  dan  aplikatif. Semua orang yang berperan dalam pembelajaran  matematika dapat terus mengasah kemampuan penalaran logis demi  peningkatan  kemampuan  literasi matematika.

Article Details

How to Cite
Astutik, D. H. (2018). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah Dalam Perspektif Logical Reasoning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 870-875. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/20387
Section
Articles

References

Adey, P. & Shayer, M. 1994. Really Raising Standards: Cognitive Intervention and Academic Achievement. London: Routledge.
Bülbül, N. S. 2011. A scale on logical thinking abilities. Procedia Social and Behavioral Sciences 15 , 2476–2480.
Fah, L. Y. 2009. Logical Thinking Abilities among Form 4 Students in the Interior Division of Sabah, Malaysia . Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia Vol. 32 No. 2 , 161-187.
Hamzah, A. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.
Kemdikbud, P. P. 2013. Laporan Kompetensi Guru dan Prestasi Siswa Sebagai Dampak Dana Bantuan Langsung BERMUTU kepada KKG/MGMP. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.
OECD. 2013. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving, Financial Literacy. Paris: OECD.
OECD. 2016. PISA 2015: Results in Focus. Paris: OECD.
Sari, R. H. 2015. Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY , 713-720.
Schwartz, L. G. 2013. Logical Thinking in the Pyramidal Schema of Concepts: The Logical and Mathematical Elements. London: Springer.
Thomson, S. 2013. A Teacher’s Guide to PISA Mathematical Literacy. Australia: ACER Press.
UNESCO. 2014. Literacy for All. (Online).(http://en.unesco.org/themes/literacy-all., diakses 29 September 2017)
Utari Sumarmo, W. H. 2012. Kemampuan Dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, Dan Kreatif Matematik. Jurnal Pengajaran MIPA, Volume 17, Nomor 1 , 17-33.