Perbandingan Finite Difference Method dan Finite Element Method dalam Mencari Solusi Persamaan Diferensial Parsial

Main Article Content

Tri Sri Noor Asih
Budi Waluya
Supriyono Supriyono

Abstract

Finite Difference Methods dan Finite Element Methods merupakan dua macam pendekatan numerik untuk mencari solusi persamaan diferensial parsial. Finite difference methods lebih awal diperkenalkan untuk menyelesaikan beberapa persamaan fisika, yaitu pada tahun 1930-an. Metode ini menyelesaikan persamaan differensial dengan membagi bidang menjadi sejumlah berhingga pias segi empat. Selanjutnya pada tahun 1950-an diperkenalkan metode lain untuk menyelesaikan beberapa persamaan diferensial parsial yang digunakan pada bidang teknik, yang dikenal dengan Finite Element Methods. Metode ini membagi domain dengan sejumlah berhingga elemen,  yang direpresentasikan dalam bentuk polinomial. Dengan demikian elemen yang digunakan pada Finite Element Methods tidak harus berbentuk segiempat.

Article Details

How to Cite
Asih, T. S. N., Waluya, B., & Supriyono, S. (2018). Perbandingan Finite Difference Method dan Finite Element Method dalam Mencari Solusi Persamaan Diferensial Parsial. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 885-888. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/20395
Section
Articles

References

Courant, R. 1943. Variational Methods for The Solutions of Equilibrium and Vibrations. Bulletin of American Mathematical Society, 1–23.
Munir, R. 2010. Metode Numerik. Bandung: Penerbit Informatika.
Sangadji, S. 2008. Metode Beda Hingga Untuk Solusi Numerik Persamaan Diferensial. Jurnal Mat Stat 8(2).
Smith, G. D. 1985. Numerical Simulation of Partial Differential Equation: Finite Difference Methods, Third Edition. Oxford University Press: New York.
Soetrisno, B. A., & Khusnaeni, A. 2015. Parameter Yang Mempengaruhi Distribusi Aliran Debris. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY. Yogyakarta.
Thomée, V. 2001. From Finite Differences to Finite Elements
a short History of Numerical Analysis of Partial Differential Equations. Journal of Computational and Applied Mathematics 128, 1-54.