Geometri, Teknologi, dan Bagaimana Penggunaannya dalam Kaitannnya dengan Keterampilan Pembuktian

Main Article Content

Hery Sutarto
Wuryanto Wuryanto

Abstract

Geometri mendapatkan porsi yang cukup besar yang didapatkan oleh mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNNES. Mulai dari Geometri Dasar, Geometri Ruang, Geometri Analitik, Geometri Transformasi, dan Geomettri Non-Euclid. Di dalam geometri dikenal dua macam problem, yaitu problem to find (menghitung) dan problem to proof (membuktikan). Pada kebanyakan mahasiswa merasakan kesulitan pada jenis pembuktian. Kebiasaan yang dilakukan dalam menyelesaikan problem pembuktian mengikuti tahapan sebagai berikut: Deskriptif Geometry â–º Geometric Construction â–º proof. Tahapan tersebut dirasakan masih terdapat celah untuk menuju kebenaran matematika. Di lain pihak penggunaan teknologi sudah merangsek ke dalam dunia pendiidikan, baik untuk keperluan belajar maupun untuk keperluan mengajar. Khusus dalam bidang geometri, muncul istilah Dynamic Geometry Software (DGS). Teknologi dalam penggunaannya untuk belajar maupun mengajar hanya bersifat membantu atau lebih tepatnya sebagai alat bantu. Oleh karena itu penggunaannya harus tepat. Tepat siapa yang menggunakannya, tepat kapan menggunakannya, tepat materinya, tepat audiennya. Tulisan ini akan memaparkan secara lugas bagaimana memanfaatkan DGS secara tepat dalam kaitannya dengan geometri dan proses pembuktian berdasarkan hasil riset pengambangan yang telah dilakukan.

Article Details

How to Cite
Sutarto, H., & Wuryanto, W. (2018). Geometri, Teknologi, dan Bagaimana Penggunaannya dalam Kaitannnya dengan Keterampilan Pembuktian. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 902-909. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/20439
Section
Articles

References

Ball & Stacey, K. 2005. Teaching Startegies for developing judicious Technology use. In W.J. Malasky & P.C. Elliot (Eds), Technology Supported Mathematics Leaning Environmet (pp.27-44). Reston, VA: National Council of Teaching of Mayematics
John A. Van de Walle. Ed.6. 2006. Sekolah Dasar dan Menengah, Matematika Pengembangan Pengajaran. Jakarta: Erlangga
National Council of Teacher of Mathematics. 2000. Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA. Author
Sumarmo, U. 2003. Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika Pada Siswa Sekolah Menengah. Disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan MIPA di FPMIPA UPI.
Tall, D. 1991. Advanced Mathematical Thinking. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.
Angel M. Recio And Juan D. Godino. Institutional And Personal Meanings Of Mathematical Proof Educational Studies in Mathematics 48, 83–99, 2001. © 2002 Kluwer Academic Publishers. Printed in the Netherlands.