Alat Peraga Konsep Luas Bangun Datar

Main Article Content

Lestiana Lestiana
Rini Kurniasih

Abstract

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang dipelajari secara bertahap dan berkelanjutan. Matematika masih dianggap sebagai pelajaran yang sulit dipahami dan kurang menyenangkan. Hal ini dimungkinkan karena konsep-konsep matematika yang cenderung abstrak. Kebanyakan siswa tidak bisa dengan mudah langsungĀ  memahami konsep matematika tersebut. Oleh karena itu, perlu adanya alat peraga untuk membantu siswa memahami materi matematika. Alat peraga pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu siswa memahami konsep matematika berupa benda kongkrit yang dapat dipraktikan langsung oleh siswa pada saat pembelajaran. Pada makalah ini memuat sebuah alat peraga yang dapat membangun konsep siswa pada pokok bahasan luas bangun datar. Alat peraga digunakan untuk membantu siswa secara mandiri mengkontruksikan bagaimana konsep luas bangun datar. Konsep luas bangun datar dalam alat peraga ini meliputi konsep luas segitiga, jajargenjang, trapesium, belak ketupat, dan layang-layang. Penggunaan alat peraga konsep luas bangun datar ini diharapkan dapat membantu siswa memahami konsep luas bangun datar, proses pembelajaran menjadi lebih aktif, adanya peningkatan dalam kemampuan berpikir kreatif, serta meningkatkan interaksi positif terhadap sesama siswa dan guru

Article Details

How to Cite
Lestiana, L., & Kurniasih, R. (2016). Alat Peraga Konsep Luas Bangun Datar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 36-43. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21423
Section
Articles

References

Agus Suharjana. 2009. Pemanfaatan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Diklat Guru Pengembangan Matematika SMK Jenjang Dasar Tahun 2009. Yogyakarta: PPPPTK Matematika
Arief S. Sadiman, dkk. 2003. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Azhar Arsyad. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Baroody, A.J., Feil, Y., & Johnson, A.R. 2007. An Alternative reconceptualization of procedural and conceptual knowledge. Journal for Research in Mathematics Education, 38, 115-131.
Chotamah. 2012. Peningkatan Kreativitas dan Prestasi Belajar Matematika dengan Peraga Bangun Datar pada Siswa Kelas VC di MIN Tempel Sleman Yogyakarta. Skirpsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga
Leo. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar dengan Alat Peraga Model Bangun Datar dan Bangun Ruang. Artikel Penelitian. Pontianak: Universitas Tanjungpura
Santrock, J.W. 2008. Psikologi Pendidikan. (Terjemahan Tri Wibowo). New York: McGraw-Hill Company. (Buku asli diterbitkan tahun 2004).
Sarjiman. 2005. Pemanfaatan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Pengenalan Bangun Geometri Sederhana Di Kelas I SD. Yogyakarta: PGSD FIP Universitas Negeri Yogyakarta
Smaldino, Sharon E, Deborah L. Lowther, James D. Russell. 2011. Instructional Technology and Media for Learning : Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Terjemahan Arif Rahman. Jakarta: Kencana
Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UP.