Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran TGT Berpendekatan Multidimensi SPUR dengan Tinjauan Minat

Main Article Content

Octavinna Nurmala Kusumadewi

Abstract

Artikel konseptual ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana mengoptimalkan pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan pendekatan multidimensi SPUR (Skill, Properties, Uses dan Representation) untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa SMP. Gagasan konseptual ini dilandasi dari kondisi riil berdasarkan pengisian kuesioner siswa kelas VII SMP Negeri 1 Semarang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa tergolong rendah. Artikel ini berdasarkan taraf minat siswa (sangat tinggi, tinggi, sedang dan rendah) untuk melihat bagaimana kemampuan berpikir kreatif siswa tiap taraf. Gagasan ini juga mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar menggunakan model konvensional guru, TGT dan TGT berpendekatan multidimensional SPUR pada berbagai taraf minat. Setelah dilakukan pembelajaran, gagasan konseptual ini juga memiliki tujuan untuk mengetahui adanya peningkatan minat siswa yang diajar menggunakan model konvensional, TGT dan TGT berpendekatan multidimensional SPUR. Dengan hal ini kita dapat mengetahui keefektifan model konvensional, TGT dan TGT berpendekatan multidimensional SPUR terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini adalah mixmethod. Skala Likert digunakan untuk menjenjang tingkat minat. Sebelum masing-masing pembelajaran dilakukan tes dan wawancara untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa awal. Pendekatan multidimensi SPUR merupakan sebuah solusi membantu guru dalam melatih berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran TGT.

Article Details

How to Cite
Kusumadewi, O. N. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran TGT Berpendekatan Multidimensi SPUR dengan Tinjauan Minat. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 50-57. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21426
Section
Articles

References

Anggraeni, Viana Teti. 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dan Tipe Think Talk Write ( TTW ) ditinjau dari Minat dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas V SD N I Pengkok Kedawung Sragen Tahun Ajaran 2013/ 2014. Naskah Publikasi Ilmiah Pascasarjana Manajemen Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta
Budianto, Eko. 2010. Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas X SMS di Kabupaten Ngawi. Naskah Publikasi Ilmiah Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta
Djamarah, S.B,. (2002).Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Elliot, S. N., et al. (2000). Educational psychology: effective teaching, effective learning. Boston: The McGraw-Hill Companies, Inc.
Gable, R. K. (1986). Instrument development in the affective domain. Lancaster: Kluwer – Nijhoffshing.
Haylock, Derek. 1997. “Recognising Mathematical Creativity in Schoolchildren”. Zentralbaltt fur Didactic der Mathematic (ZDM) – The Int. J. On Math. Edu.. 29(3)
Hurlock, E. B. 1999. Perkembangan Anak Jilid 2. Terjemahan: dr. Med. Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Penerbit Erlangga
Kaur, B., Yoong, W. K. 2011. Assessment in The Mathematic Classroom Yearbook 2011 Association of Mathematics Educators. Singapore: National Institute of Education
Krutetskii, V. A. 1976. Psychology of Mathematical Abilities in School Children. Chicago: The University of Chicago Press
Nitko, A. J. & Brookhart, S. M. (2007). Educational Assessment of Students. New Jersey: Pearson Education
Randell, M. E. 2009. “Designscholar: Examining Creative Thinking IN An Online Learning Community For Interior Design Graduate Students”. Disertasi. University Of Florida
Silver, E. A. 1997. “Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Problem Posing”. Zentralbaltt fur Didactic der Mathematic (ZDM) – The Int. J. On Math. Edu.. 29(3)
Sintawati, M., Abdurrahman, G. 2013. Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Minat Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Posing. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY di Yogyakarta, 9 November 2013 ISBN : 978 – 979 – 16353 – 9 – 4
Siswono, T. Y. E. 2007. “Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Identifikasi Tahap Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika”. Disertasi. Universitas Negeri Surabaya
Slavin, Robert E. 1995. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan Cooperative Learning: Theory, Research and Practice, oleh Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Suherman, E., Turmudi., Suryadi, D., Herman, T., Suhendra., Prabawanto, S., Nurjanah., & Rohayati, A. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jica
Thompson, D. R. dan Bleiler, S. 2013. “Multidimensional Assessment of CCSSM”. Teaching Children Mathematis, Volume 19 No. 5 Hal 292-300
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.