Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Pendekatan Open Ended
Main Article Content
Abstract
Salah satu kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki dan dikembangkan siswa adalah kemampuan berpikir kritis. Kemampuan tersebut sangat diperlukan untuk memecahkan masalah sehari-hari maupun permasalahan di masa yang akan datang. Hal ini dikarenakan di dalam proses berpikir kritis siswa akan menganalisis, memikirkan ulang, ataupun memunculkan ide-ide baru. Pada kenyataannya, penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran matematika di sekolah kurang mendorong siswa untuk berpikir kritis. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang dapat merangsang kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa adalah pendekatan open ended. Dengan menggunakan pendekatan ini siswa dapat menyelesaikan sebuah masalah tanpa terbatas dengan satu solusi. Hal tersebut dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk menganalisis serta mengembangkan gagasannya untuk memecahkan masalah yang diberikan sehingga bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Tulisan ini merupakan kajian literatur mengenai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dengan menggunakan pendekatan open ended.
Article Details
References
Azmi, Memen Permata. 2014. Meningkatkan Kemapuan Komunikasi Matematik Siswa SMP Menggunakan Pendekatan Open-Ended. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 27 Desember 2014. Yogyakarta.
Cottrell, Stella. 2011. Critical Thinking Develpoing Effective Analysis and Argument. New York: Macmillan Publisher.
Fisher, Alec. 2011. Critical Thinking An Introduction Second Edition. United Kingdom: Cambridge University Press.
Glazer, Evan. 2001. Using Internet Primary Sources to Teach Critical Thinking Skills in Mathematics. Amerika: Greenwood Press.
Hakim, Muhammad A. A. 2014. Penerapan Pendekatan Open-Ended dengan Setting Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi, 27 November 2014. Bandung.
Haryani, Desti. 2012. Membentuk Siswa Berpikir Krtis melalui Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 10 November 2012. Yogyakarta.
Herdiman, Indri. 2014. Penerapan Pendekatan Open-Ended dalam Pembelajaran Matematikauntuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi, 27 November 2014. Bandung.
Inprasitha, Maitree. 2006. Open-Ended Approach and Teacher Education. Jurnal of Educational Study in Mathematics, 169-177.
Irsal, Nur Aliyyah. 2014. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Open-Ended untuk Meningkatkan Kemapuan Koneksi Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 27 Desember 2014. Yogyakarta.
Jayadipura, Yadi. 2014. Mengukur Kemampuan Berpikir Krtis Matematik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi, 27 November 2014. Bandung.
Julita. 2014. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik melalui Pembelajaran Pencapaian Konsep. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi, 27 November 2014. Bandung.
Liberna, Hawa. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(23), 190-197.
New Jersey Department of Education. 2007. A Matehematics Manual Open-Ended Question Grade 3 and Grade 4. (online). (http://www.nj.gov/education/assessment/es/ openended_ math_scoring_manual_g34.pdf, diakses 10 November 2015).
Risnanosanti. 2012. Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa dalam Pembelajaran Open Ended di SMPN 4 Kota Bengkulu. Prosiding Konferensi Nasional Matematika XVI, 3-6 Juli 2012. Jatinangor.
Safrudin, Yadi. 2014. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP melalui Pendekatan Matematika Realistik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi, 27 November 2014. Bandung.
Sudiyasa, I Wayan. 2014. Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kritis dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi, 27 November 2014. Bandung.
Sumarmo, Utari, dkk. 2012. Kemampuan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematika (Eksperimen terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think talk Write). Jurnal Pengajaran MIPA, 17(1), 17-33.
Supianti, In In. 2014. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi, 27 November 2014. Bandung.
Susiyati. 2014. Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik dalam Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi, 27 November 2014. Bandung.
Syahbana, Ali. 2011. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Edumatica, 2(1), 45-57.
Umah, Iis Roisyatul. Penerapan Pendekatan Scientific-Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematis Serta Kemandirian Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi, 27 November 2014. Bandung.