Keterampilan Interpersonal Sebagai Pendidikan Anak Jalanan di Rumah Pintar Matahari Surabaya

Main Article Content

Sri Pingit Wulandari
Mudjahidin Mudjahidin
Alfisyahrina Hapsery

Abstract

Anak jalanan  merupakan potret nyata dari permasalahan ekonomi dan ketidakberdayaan sebagian masyarakat kita dalam  menghadapi tuntutan hidup yang kian besar dari waktu ke waktu. Banyaknya anak jalanan di kota besar menunjukkan bahwa kualitas hidup dan masa depan anak-anak sangat memperihatinkan. Padahal anak jalanan juga perlu mendapatkan hak-haknya secara normal sebagaimana layaknya anak, diantaranya yang paling utama adalah hak atas pendidikan. Ada beberapa hal penting yang patut diperhatikan dalam melaksanakan pendidikan untuk anak jalanan, yakni bagaimana mengimplementasikannya sehingga mereka tidak lagi kembali ke jalan. Salah satu upaya guna memenuhi hak-hak atas pendidikan bagi anak jalanan, yaitu melalui sistem pendidikan non-formal yakni melalui keterampilan interpersonal. Pendidikan keterampilan interpersonal pada anak jalanan bertujuan untuk merubah perilaku mereka menjadi pribadi yang lebih baik karena selama ini stigma negatif masyarakat terhadap anak jalanan seringkali disebabkan oleh karakter mereka yang keras kepala, egois, susah menjalin komunikasi, tidak memiliki kepribadian,  dan  susah  diatur. Melalui pelatihan dan pendidikan keterampilan interpersonal diharapkan anak jalanan memiliki soft skill yang lebih baik yaitu akan mempelajari cara mengenali dirinya sendiri, mengerti bagaimana mengenal, memahami, dan membangun hubungan dengan orang lain, menyesuaikan diri terhadap lingkungan sekitar serta mampu menyelesaikan konflik yang terjadi. Upaya pembinaan keterampilan interpersonal pada kajian ini dikhususkan untuk anak jalanan di RUmah Pintar Matahari (RPM) Surabaya. Beberapa kegiatan keterampilan interpersonal yang sudah dilakukan oleh anak-anak jalanan RPM antara lain adalah permainan edukatif ular tangga pengetahuan, teka teki silang terpadu, permainan lipat tepat, story telling, desainer wanna be, family card, water rocket, dan talent show.

Article Details

How to Cite
Wulandari, S. P., Mudjahidin, M., & Hapsery, A. (2016). Keterampilan Interpersonal Sebagai Pendidikan Anak Jalanan di Rumah Pintar Matahari Surabaya. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 443-448. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21431
Section
Articles

References

[1] Nur Wulan, Natria. 2002. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Anak Jalanan Binaan dan Non Binaan. Tugas Akhir Jurusan Statistika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Surabaya.
[2] Sanituti Hariadi, Sri & Suyanto, Bagong. 2002. Krisis & Child Abuse (Kajian Sosiologis Tentang Kasus Pelanggaran Hak Anak dan Anak-anak yang Membutuhkan Perlindungan Khusus). Universitas Airlangga Press, Surabaya.
[3] Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan BPKP. 2007. Interpersonal Skill Edisi Ke Empat. Bogor : Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan BPKP.