Kemampuan Literasi Matematika SMP Pada Pembelajaran Creative Problem Solving Berpendekatan Realistik dengan Tinjauan Gaya Kognitif

Main Article Content

Dinar Anggit Wicaksana

Abstract

Artikel konseptual ini bertujuan untuk mengoptimalkan pembelajaran dalam kelas menggunakan creative problem solving untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika ditinjau dari gaya kognitif siswa SMP. Gagasan konseptual ini dilandasi dari studi pendahuluan pada guru matematika kelas 2 SMP N 2 Tegal yang menunjukkan bahwa guru masih cenderung menggunakan pembelajaran ekspositori, dimana sebagian besar kegiatan belajar mengajar masih didominasi oleh guru, siswa hanya mendengar, mencatat, dan mengerjakan soal yang diberikan. Ada pula dari hasil wawancara guru menjelaskan bahwa di tiap kelas paling banyak hanya ada 10 siswa yang tergolong pandai dari 32 siswa. Hal ini juga memerlukan tinjauan dari gaya kognitif FI dan FD sehingga dapat membantu mengidentifikasi kesulitan siswa dalam pembelajaran. Hasil kajian diperoleh bahwa diprediksi pembelajaran creative problem solving berpendekatan realistik dengan tinjauan gaya kognitif merupakan pembelajaran yang cocok digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika.

Article Details

How to Cite
Wicaksana, D. A. (2016). Kemampuan Literasi Matematika SMP Pada Pembelajaran Creative Problem Solving Berpendekatan Realistik dengan Tinjauan Gaya Kognitif. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 131-137. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21442
Section
Articles

References

Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsaythamby, V., Morina, C. M. 2014. How A Realistic Mathematics Educational Approach Affect Students’ Activities In Primary Schools?. Procedia – Social and Behavioral Science, 159 (2014) 309 – 313.
Allen dan Unwin. 2004. Teaching mathematics in Primary Schools. Australia: Nasional Library of Australia.
De Lange, J. (1987). Mathematics, Insight, and Meaning, Utrecht : OW & Co.
Maryanti, E. (2012). Peningkatan Literasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Metacognitive Guidance. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Istiandaru, A. 2014. PBL Pendekatan realistik saintifik dan Assesmen PISA untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Unnes Journal of Mathematics Educational Research, 3(2).
Gravemeijer, K.(1994). Developing Realistic Mathematics Education, :onwikkelen van relistich reken/wiskundeonderwijs (met een samenvatting inhet nederlands). Nederland : Universiteit Utrechte.
Messick, S. (1976). Personality consistencies in cognition and creativity. In S. Messick (Ed.), Individuality in learning (pp. 4–23). San Francisco: Jossey-Bass.
Mehmet, A. K, & Hulya, G. 2008. Creativity Training In Problem Solving: A Model Of Creativity In Mathematics Teacher Education. Secondary Science And Mathematics Education Department, School Of Education, Balikesir University Turkey.
Mulyono. 2011. Proses berpikir mahasiswa field dependent dan field independent dalam merekonstruksi konsep grafik fungsi berorientasi pada teori apos. Disertasi. Surabaya: Program Pascasarjana Unesa.
Mulyono. 2012. Pemahaman mahasiswa field dependence-independence affects learners. (http://www.psu.edu/staff/t/x/txm4/paper1.html, diakses 12 Oktober 2015)
OECD. 2013. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. PISA. OECD Publishing
OECD. 2013. PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do Student Performance in Mathematics, Reading and Science (Volume 1). PISA, OECD Publishing.
Ojose, B. 2011. Mathematics Literacy: Are We Able To Put The Mathematics We Learn Into Everyday Use?. Journal of Mathematics Education, 4(1), 89-100.
Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran. Bandung : Kencana Prenada Media Group.
Trefingger, D. J., S. G. Isaken, & K. B. Dorval. 2005. Creative Problem Solving (SPS Version 6.1TM) A Contemporary Framework for managing change. (http://www.creativelearning.com/pdf/cpsversion61.pdf, diakses 10 Oktober 2015)
Wardono, Mariani, S. 2014. The Realistic Learning Model With Character Education And PISA Assesment To Improve Mathematics Literacy. International Journal of Education and Research, Vol. 2(7), 361-372.
Witkin, H. A., Moore, C.A., Goodenaugh. D.R., dan Cox.P. W. 1977. Field-dependence-independence cognitive styles and their educational implications. Review of educational research. Volume 47 No.1. Hlm. 1-64.
Witkin, H. A., Oltman, P.K. Raskin, E., dan Karp, S.a. 1971. A Manual for the embedded figures Test. Palo Alto: Consulting Psychologists Press, Inc.
Yaclin, M., Aslan, S., & Usta, E. 2012. “Analysis of PISA 2009 Exam According to Some Vari¬ables”. Mevlana International Journal of Educa¬tion, Volume 2 No.1. Hal: 64-71.