Pemecahan Masalah pada Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project dalam Tinjauan Self-Efficacy Siswa SMA

Main Article Content

Rif’ah Ulya

Abstract

Artikel konseptual ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana mengoptimalkan kemampuan pemecahan masalah dalam tinjauan self-efficacy pada model pembelajaran Missouri Mathematics Project di SMA NU 05 Brangsong. Gagasan konseptual ini dilandasi berdasarkan pengamatan hasil uji coba tes kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas XC SMA NU 05 Brangsong pada tahun pelajaran 2014/2015 pada materi ruang dimensi tiga, pengamatan tersebut menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa tergolong rendah. Tanggapan siswa menunjukkan bahwa kurangnya latihan soal dan kurangnya keyakinan diri dalam menyelesaikan soal matematika. Model pembelajaran Missouri Mathematics Project merupakan salah satu model pembelajaran yang membantu guru dalam melatih kemampuan pemecahan masalah siswa serta melatih self-efficacy (keyakinan diri) siswa dalam memecahkan masalah matematis.

Article Details

How to Cite
Ulya, R. (2016). Pemecahan Masalah pada Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project dalam Tinjauan Self-Efficacy Siswa SMA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 177-185. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21453
Section
Articles

References

Akinmola, E. A. 2014. Developing Mathematical Problem Solving Ability: A Panacea for A Sustainable Development in The 21th Century. International Journal of Education and Research, 2( 2): 1-8.
Arif, A. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan. Jakarta: Ciputat Pers.
Bandura, A. 1997. Self-efficacy: The Exercise of Control. New York: Freeman and Company.
Bandura, A. 1997. Self-efficacy: Toward a Unifying Theory of Behavioral Change. Psychology Review.
Bandura, A. 2002. Self-Efficacy in Changing Societies. Cambridge: Cambridge University Press.
Depdiknas. 2006. Standar Isi. Jakarta: Permendiknas 22 tahun 2006.
Djamarah, S. B. 2000. Pendidik dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwiningrat, G. A. A., Suniasih, N. W.,& Manuaba, I. B. S. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. E-Journal MIMBAR, 2(1): 1.
Dwiyogo, W. D. 1999. Kapasitas Pemecahan Masalah Sebagai Hasil Belajar Kognitif Tingkat Tinggi. Artikel. Malang: Jurnal Teknologi Pembelajaran.
Feist, J., & Feist, G. J. 2002. Theories of Personality (5thed). Boston: McGraw Hill.
Good, T.L. & D.A Grouws. 1979. The Missouri Mathematics Effectiveness Project : An Experimental Study in Fourth-Grade Classrooms. Journal of Educational Psychology, 71(3):355-362.
Handayani, T. 2013. “Kebangkinan Nasional Dan Pembangunan Manusia: Sebuah Catatat Krisis”. Jurnal Masyarakat indonesia, LIPI, Jilid XXXIV.
Hornsby, AS. 1995. Oxford Advanced Learner’s Dictionary. New York: Oxford University Press.
Krismanto, Al. 2003. Beberapa Teknik, Model, dan Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.
Novferma. 2015. Analisis Kesulitan dan Self-Efficacy Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Tesis. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Perry, J. C., DeWine, D. B., Duffy, R. D., & Vance, K. S. 2007. “The academic self-effi cacy of urban youth: A mixed-methods study of a school-to-work program”. Journal of Career Development. 34: 103–126.
Polya, G. 1985. How to Solve It. A New Aspect of Mathematical Methods. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Purwanita. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dalam Upaya Meningkatkan Penalaran dan Kemandirian Belajar Siswa SMA (Studi Eksperimen terhadap Siswa Kelas X SMA Laboratorium Percontohan UPI), Bandung: FMIPA UPI.
Rahayu, E., Suyitno, H.,& Junaedi, I. 2012. Analisis Deskriptif Soal Geometri dalam Buku Matematika Bilingual untuk Sekolah menengah Pertama Kelas VIII Berdasarkan Kriteria International Assessment TIMSS 2007. Jurnal Kreano, 3(1): 1-17.
Rivai, V., & S. Murni. 2009. Education Management. Jakarta: Rajawali Pers.
Sari, N. R. U., Dantes, N. &Ardana, I. M. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Kemampuan Verbal. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 4.
Schultz, D. & Schultz, E. S. 1994. Theories of Personality (5thed). California: Brooks/Cole Publishing Company.
Schunk, D. H., & Pajares, F. 2005. “Competence perceptions and academic functioning”. In A. J. Elliot & C. S. Dweck (Eds.), Handbook of competence and motivation (pp. 85–104). New York: Guilford Press.
Schunk, D. H., & Pajares, F. 2009.“Self-efficacy theory”.In K. R. Wentzel & A. Wigfi eld (Eds.), Handbook of motivation at school (pp. 35–53). New York: Guilford Press.
Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Toha, C. 2000. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto, 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Widdiharto. 2004. Model-Model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.