Penerapan Strategi Heuristik Vee untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

Main Article Content

Fiqih Wulandari
Kadir Kadir
Otong Suhyanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) penerapan strategi heuristik vee dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (2) aktivitas belajar Matematika siswa selama penerapan strategi heuristik vee, (3) respon siswa selama penerapan strategi heuristik vee. Penelitian dilakukan di MTs N Tangerang II Pamulang Kota Tangerang Selatan tahun ajaran 2011/2012 dan subjek penelitian kelas VIII Sains. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas kelompok, jurnal harian siswa, pedoman wawancara, tes kemampuan pemecahan masalah, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan strategi heuristik vee dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Pada siklus I rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 63 meningkat menjadi 82,03 pada siklus II, diikuti dengan peningkatan persentase kemampuan pemecahan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, menyusun rencana, melakukan penghitungan, dan menguji kembali. Selain kemampuan pemecahan masalah, aktivitas belajar dan respon siswa menunjukkan peningkatan, rata-rata aktivitas belajar pada siklus I sebesar 66,16% dan meningkat pada siklus II menjadi 70,46%. Berdasarkan jurnal harian rata-rata persentase respon positif siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 38,96% menjadi 61,77% pada siklus II.

Article Details

How to Cite
Wulandari, F., Kadir, K., & Suhyanto, O. (2016). Penerapan Strategi Heuristik Vee untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 294-307. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21487
Section
Articles

References

[1] Arikunto, Suharsimi., dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
[2] Budhi, Wono Setya. 2010. Mengajar Matematika agar Tumbuh Pengalaman Bermatematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Jakarta: UIN Jakarta 27 November, 2010.
[3] Calais, Gerald J. 2009. The Vee Diagram as a Problem Solving Strategy: Content Area Reading/ Writing Implication. National Forum Teacher Educational Journal.
[4] Purwati Sundari, Desita. 2011. Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Strategi Heuristik Vee dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Induktif Siswa SMP. Skripsi. Pendidikan Matematika. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
[5] Fuata’i. Karoline Afamasaga. 2009. Concept Mapping in Mathematics. Australia: Springer.
[6] Gowin. B & Alvares.M.C. 2005. The Art of Education with V Diagram. New York: Cambridge University Press.
[7] Hamdani. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia, 2010.
[8] Kadir. 2010. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Cara Mengukurnya. Majalah Ilmiah Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Vol.9, No.2, Agustus 2010.
[9] -------. 2005. Pengaruh Asesmen Kinerja Berbasis dan Model Pemebelajaran Terhadap Metakognisi dan Hasil Belajar Siswa SMU. Disertasi. Program Pascasarjana Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
[10] Novak. J.D & Gowin. D.B. 2002. Learning How to Learn. Cambridge: Cambridge University Press.
[11] Posamentier, Alfred S., dan Krulik, Stephen. 2009. Problem Solving in Mathematics Grade 3-6. California: CORWIN.
[12] Principles and Standards for School Mathematics. 2000. NCTM: USA.
[13] S. Nasution. 2009. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
[14] Sanjaya. Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
[15] Shodiq, Fajar. 2004. Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi. Yogjakarta: Diknas PPPG Matematika.
[16] Slavin, Robert E. 2009. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. New Jersey: Indeks.
[17] Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.
[18] Sumarmo, Utari. 2010. Berpikir Matematika Tingkat Tinggi: Eksperimen dengan Siswa dan Mahasiswa Melalui Beragam Pendekatan dan Strategi. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Jakarta: UIN Jakarta, 27 November 2010.
[19] Suryawan, Herry Pribawanto. Strategi Pemecahan Masalah Matematika. (Online). (http://ebookbrowse.com/strategi-pemecahan-masalah-matematika-pdf-d33814193, diakses 5 September 2011).
[20] Thiessen, Richard. The Vee Diagram: A Guide for Problem Solving. (Online). (http://www.aimsedu.org/puzzle/arrrec/vee.pdf, diakses 2 Juli 2011).
[21] Uno, Hamzah B, dkk. 2011. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.
[22] Uno, Hamzah B. 2008. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
[23] Wardhani, Sri, dkk. 2010. Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMP. Yogjakarta: PPPPTK.