Pengembangan Lembar Kerja Eksplorasi Mata Pelajaran Matematika Berbasis Android

Main Article Content

Muzamil Muzamil

Abstract

Kurikulum 2013 mulai diimplementasikan secara nasional pada tahun pelajaran 2014/2015. Kurikulum ini menerapkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, yaitu mengamati, menanya, mengasosiasi, menganalisis, dan berkomunikasi. Dengan Kurikulum 2013, memungkinkan guru untuk dapat berupaya memberikan inspirasi kepada peserta dengan gagasan-gagasan matematika yang menantang dan menyenangkan yang dikemas dalam lembar kerja peserta didik (LKPD). Sehingga secara kreatif siswa dapat menciptakan atau menemukan konsep-konsep matematika yang sebelumnya telah ditemukan para pendahulunya. Dengan adanya ruang gerak untuk proses eksplorasi memungkinkan siswa memiliki prakarsa dan kreativitas. Android adalah suatu sistem operasi yang berjalan pada smartphone saat ini dan menyesuaikan spesifikasi di kelas low-end hingga high-end. Hampir semua vendor saat ini mengembangkan produknya dengan sistem operasi Android, karena peminatnya yang semakin meningkat tajam. Bahkan sudah merambah pada dunia pendidikan,  software android sudah dikenal peserta didik. Makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengembangkan lembar kerja eksplorasi berbasis android. Pada tahap akhir, diharapkan pembelajaran matematika dapat membentuk sikap-sikap positif peserta didik seperti kedisiplinan, tanggung jawab, toleransi, kerja keras, kejujuran, menghargai perbedaan, dan lain lain. Selanjutnya di kemudian hari dapat terbentuk pola berpikir ilmiah yang merupakan suatu kebiasaan.

Article Details

How to Cite
Muzamil, M. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Eksplorasi Mata Pelajaran Matematika Berbasis Android. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 343-349. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21491
Section
Articles

References

Depdikbud. 1996. Kemampuan Guru dalam Mengajarkan Matematika [Online]. Tersedia: http://www.dikdasmen.depdiknas.go.id/htm/info-Dikdasmen/ info-6/hal-07.htm. Diakses tanggal 30 Maret 2015.
Depdikbud. 2006. Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Huda, Muzamil. 2011. Penggunaan Media Monopoli dalam Pembelajaran Statistik untuk Memperbaiki Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN Babat Tahun Pelajaran 2010/2011. Lamongan: Jurnal Ilmiah HUMANIS UNISDA, edisi 2 tahun 2011.
https://www.youtube.com/watch?v=HHJRcAz9l_4
https://id.wikipedia.org/wiki/Android_(sistem_operasi)
https://id.wikipedia.org/wiki/Eclipse_(perangkat_lunak)
Kemdikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 69 tahun 2013: tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.Jakarta
Nur, dkk. 1999. Teori-Teori Belajar. Surabaya: Unipres.
P4TK Matematika. 2004. Petunjuk Penggunaan Alat Peraga Matematika SMA. Yogyakarta: P4TK Matematika.
Subari. 2008. Penggunaan Hot Potatoes dalam Pembelajaran E-Learning, (online) (http://subaridargombez.wordpress.com/2008/08/01/penggunaan-hotpotatoes-dalam-pembelajaran-e-learning/) Diakses tanggal 30 Maret 2015.
Sugeng. Pengertian Lembar Kerja Siswa LKS Manfaat Tujuan, (Online)
(http://www.sarjanaku.com/2011/02/lks-lembar-kerja-siswa.html) Diakses tanggal 30 Maret 2015.
Sugiyono. Lembar Kerja, (Online)
(http://www.google.com/url?q=http://www.dindikbanyumas.net/wpcontent/uploads/2008/11/lembarkerja. ppt&sa=U&ei=UvzMUeGXHoKIrAftpoCAAg&ved=0CBgQFjAA &usg=AFQjCNH5yLd0N-v0iclxxVyf-2yuQhG-qw) Diakses tanggal 30 Maret 2015
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta,cv.
Trianto, 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wihardjo, Edy. 2005. Pengembangan Paket PBWeb Materi Jarak pada Bangun Ruang. Tesis tidak diterbitkan. Malang PPS UM.