Perspektif Makna “Real” Pendekatan Matematika Realistik antara Guru dan Siswa

Main Article Content

Syahyori Aprinsyah

Abstract

Istilah realistik berasal dari kata “real†hal ini digunakan untuk menyatakan keadaan di sekitar kita, didalam proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan realistik konsep matematika didekatkan dengan keadaan yang lebih real atau nyata disesuaikan dengan keadaan lingkungan sekitar oleh guru dengan tujuan agar siswa lebih mudah memahami konsep matematika. Maka dalam pendekatan matematika realistik ini guru dipandang sebagai fasilitator, moderator, dan evaluator yang menciptakan situasi dan menyediakan kesempatan bagi siswa untuk menemukan kembali ide dan konsep matematika dengan cara mereka sendiri. Pendekatan matematika realistik memandang bahwa siswa tidak hanya belajar materi matematika tetapi siswa menemukan kembali ide dan konsep matematika melalui eksplorasi masalah-masalah nyata. Dalam pendekatan matematika realistik, siswa dipandang sebagai individu (subjek) yang memiliki pengetahuan dan pengalaman sebagai hasil interaksinya dengan lingkungan. Pada makalah ini akan dipaparkan perspektif makna “real†dalam pendekatan matematika realistik antara guru dan siswa.

Article Details

How to Cite
Aprinsyah, S. (2016). Perspektif Makna “Real” Pendekatan Matematika Realistik antara Guru dan Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 364-366. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21495
Section
Articles

References

Mahfudin. 2012. Konsepsi dan Langkah-Langkah Pendekatan Matematika Realistik (online). (https://mahfudin42.wordpress.com, diakses 11 November 2015).
Darsono. 2010. PMRI (Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia) Suatu Inovasi Dalam Pendidikan Matematika Di Indonesia (online). (https://nazwandi.wordpress.com, diakses 11 November 2015).
Dolk, Maarten. 2006. Realistic Mathematics Education. Makalah kuliah umum di Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya, Palembang, tanggal 29 Juli 2006.
Suryanto. 2007. ”Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)”. Majalah PMRI Vol. V No. 1 Januari 2007, halaman 8 – 10.
Yusuf Hartono. 2007. Pendekatan Matematika Realistik (Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (online). (https://scholar.google.com/citations?user=-rphVEcAAAAJ&hl=en, diakses 11 November 2015).