Analisis Antrian Multi Server di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kota Balikpapan

Main Article Content

Muhammad Azka
Dian Pramesti Anggraeni
Febrina Tedjo Utami

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan ekspektasi tingkat pelayanan di antara tanggal-tanggal pelayanan. Data yang dibutuhkan pada penelitian ini berupa: waktu kedatangan, waktu mulai pelayanan, waktu selesai pelayanan, dan banyaknya server yang ada. Pada penelitian ini dipilih program R untuk membantu perhitungan pada sistem antrian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada suatu tanggal dengan tingkat antar kedatangan yang lebih tinggi tidak selalu membawa konsekuensi nilai ekspektasi tingkat pelayanan yang lebih tinggi.

Article Details

How to Cite
Azka, M., Anggraeni, D. P., & Utami, F. T. (2017). Analisis Antrian Multi Server di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kota Balikpapan. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 671-674. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21533
Section
Articles

References

Azka M. 2014. Penentuan Premi Asuransi Umum melalui Simulasi Pemodelan Aggregate-Loss dengan dan Tanpa Stop-Loss. (TESIS). Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.
Farkhan F., Putriaji H., & Riza A. 2013. Aplikasi Teori Antrian dan Simulasi pada Pelayanan Teller Bank. UNNES Journal of Mathematics (UJM) 2 (1): 17-23.
Ross S.M. 2010. Introduction to Probability Models. California: Elsevier.
Taylor H. & Karlin S. 1998. An Introduction to Stochastic Modeling 3rd edition. London: Academic Press.
Thomopoulus N.T. 2012. Fundamentals of Queuing Systems. New York: Springer.