SOLUSI SISTEM PERSAMAAN LINIER PADA ALJABAR MAX-PLUS

Main Article Content

Budi Cahyono

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari seringkali kita mendapatkan permasalahan yang dapat di modelkan dalam bentuk sistem persamaan linier. Sistem persamaan linier yang terbentuk dapat diselesaikan dengan menggunakan operasi maksimum (max) dan operasi penjumlahan (+),  sebagai contoh sistem  jaringan kereta, sistem jaringan telekomunikasi, sistem produksi, sistem pemrosesan pararel pada komputer, dan sebagainya. Pengoprasian dengan menggunakan operasi dasar maksimum (max) dan penjumlahan (+) terdapat pada Aljabar Max-Plus. Dalam penelitian ini akan dikaji “Bagaimana proses menentukan solusi dari sistem persamaan linier pada Aljabar Max-Plusâ€. Secara umum system persaman linier pada dapat dinotasikan dalam persamaan   dan dua persamaan linier yang dapat ditentukan solusinya adalah . Pada sistem  solusi akan didapatkan ketika sistem persamaan linier dinotasikan dalam bentuk kanonik selanjutkan diselesaikan dengan prinsip yang ada di aljabar linier. Solusi dari  adalah  dengan  dan solusi sistem persamaan  ada jika subpenyelesaian terbesarnya  memenuhi sistem persamaan linier .

Article Details

How to Cite
Cahyono, B. (2017). SOLUSI SISTEM PERSAMAAN LINIER PADA ALJABAR MAX-PLUS. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 662-670. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21534
Section
Articles

References

Baccelli,F.,Cohen,G.,olsde,G.j.,Quadrat, J.P. (2001). Synchroni Zation and Linearity, New York: Jhon willey and sons.
Chung, Misoo (1995), ‘Eigen Values and Eigen Vektors In The Max-plus Algebra’ Thesis submitted to the faculty of the graduate school of the University of Colorado at Denver.
Subiono. (2012). Aljabar Max-Plus dan Terapannya, Surabaya: ITS.