Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Kreatif dalam Pembelajaran Matematika Problem Posing Berbasis Collaborative Learning

Main Article Content

Hery Hery

Abstract

Pembelajaran matematika dikatakan efektif bila guru mampu mengkondisikan kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan dan berkualitas bagi pemahaman dan juga hasil prestasi belajar matematika siswa. Salah satu model pembelajaran yang diyakini efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa adalah dengan menerapkan pembelajaran Problem Posing. Kreativitas matematika tidak bisa muncul begitu saja hanya dengan metode pembelajaran matematika yang konvensional. Kreativitas membutuhkan suatu konteks dimana individu dipersiapkan pada pengalaman-pengalaman yang signifikan untuk menghadapi keadaan yang baru. Dengan penerapan pembelajaran ini siswa diyakini mampu memahami konsep dengan lebih maksimal serta mampu merumuskan kembali soal yang ada oleh siswa. Ketika siswa diberikan kesempatan untuk mengajukan persoalan baik secara individu maupun secara kolaboratif, hal ini berguna untuk mengembangkan keterampilan matematikanya sekaligus pemikiran kreatif siswa tersebut dalam mengolah konsep dan memikirkan penyelesaian dari soal tersebut. Ketika guru menerapkan pembelajaran problem posing berbasis collaborative learning diharapkan mampu  untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan juga karakter kreatif siswa.

Article Details

How to Cite
Hery, H. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Kreatif dalam Pembelajaran Matematika Problem Posing Berbasis Collaborative Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 22-28. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21538
Section
Articles

References

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas
Hudoyo, H. 2005. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Malang : UM Press
Huitt, William G. 1997. Metacognition. Available: http://tip.psychology.org/meta.html
Hunt, R.R; & Ellis, H.C. 1999. Fundamentals of Cognitive Psychology. Sixth Edition. Boston: McGraw-Hill College.
Livingston, J.A. Metacognition: An Overview. Available: http://www.gse.buffalo.edu/fas/shuell/cep564/metacog.html
NCREL.o1995.oMetacognition.oAvailable:ohttp://www.ncrel.org/sdrs/areas/issues/students/learning/lrlmetn.html
NCTM. 2000. Curriculum and Evaluation Standard for School Mathematicsematics. Reston: National Council of Teacher of Mathematicsematics
Nur, M. 2000. Strategi-Strategi Belajar. Surabaya: Pusat Studi Matematika dan IPA Sekolah
O’Neil Jr, H.F. dan Brown, R.S. 1997. Differential Effects of Question Formats in Math Assessment on Metacognition and Affect . Los Angeles: CRESSTCSE University of California
Shoenfeld. 1987. What’s All The Fuss About Metacognition. Available: http://mathforum.org/~sarah/Discussion.Sessions/Schoenfeld.html

Smith, B. L & MacGregor, J. T. 1992. . What is Collaborative Learning? Collaborative Learning: A Sourcebook for Higher Education. National Center on Postsecondary Teaching, Learning, and Assessment at Pennsylvania State University
Silver EA. Downs JA, Leung S, Kenny P. 1996. Problem posing in complex task environtment exploratory study. Jurnal for Reaserch in Mathematics Education 27(3): 293-309
Silver, Edward A. 1997. Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Problem Posing. Journal University of Pittsburgh, LRDC 729, 3 939 O’Hara Street, Pittsburgh, PA 15260, USA.
Siswono, T.Y.E. 2004. Mendorong Berpikir Kreatif Peserta didik Melalui Pengajuan Masalah (Problem Posing). Konferensi Nasional Matematika XII, Universitas Udayana, Denpasar, Bali. 23-27 July 2004.
Suherman, Erman. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung : JICA
Suryanto, 1998. Pembentukan Soal Dalam Pembelajaran Matematika. Makalah Seminar Program Pascasarjana: IKIP Malang, 4 April 1998
Sutisna Wijaya. 2010. Kelebihan dan Kelemahan Pembelajaran dengan Pendekatan Problem Posing [online]. Tersedia:http://sutisna.com/artikel/kependidikan/kelebihan-dan-kelemahan-pembelajaran-dengan-pendekatan-problem-posing/