KONGRUENSI PADA SUBHIMPUNAN BILANGAN BULAT

Main Article Content

Paridjo Paridjo

Abstract

Himpunan bilangan bulat dilambangkan dengan   merupakan himpunan bagiaan dari sistem bilangan Real dilambangkan dengan , sifat-sifat pada bilangan  merupakansifat-sifat bilangan  . Demikian juga utuk operasi hitungnya. Himpunan bagian  = { â”‚   didefinisikan sebagai relasi bilangan bulat. Kongruensi modulo   merupakan suatu relasi ekivalensi pada di . Untuk bilangan a   kelas ekivalen modulo  yang memuat  kita tandai dengan , yaitu . Koleksi kelas ekivalen modulo  kita tandai dengan , yaitu . Operasi tambah dan operasi kali pada   didefinisikan untuk setiap   dan  di  dan   . Struktur (, +, x) untuk  operasi jumlah maupun kali memiliki sifat-sifat tertutup, assosiatif, komutatif, meniliki unsur identitas, memiliki elemen netral dan untuk jumlah dan kali memiliki sifat distributif.

Article Details

How to Cite
Paridjo, P. (2017). KONGRUENSI PADA SUBHIMPUNAN BILANGAN BULAT. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 650-661. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21543
Section
Articles

References

Achmad Arifin. 2000. Aljabar. Bandung: ITB Bandung
Aucil Daniel L. 1979. Intermediate Aljabar . California. - Addision- Wesley https://dwipurnomoikipbu.files.wordpress.com/2008/11/bab-iii-kongruensi.doc, (tanggal 7 Oktober 2016)
Keedy, Mervin L dan Bittinger Marvin L.1986. Algebra and Trigonometry . Addision- Wesley
Mathematics.its.ac.id/module/downlot_tugas.php?file=6...pdf (8 Oktober 2016)