Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Berbasis PBL yang Berorientasi pada Kemandirian dan Prestasi Belajar

Main Article Content

Soleh Uzain
Endra Ari Prabawa
Djamilah Bondan Widjajanti

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis problem based learning berorientasi pada kemandirian dan prestasi belajar materi perbandingan kelas VII SMP serta mengetahui kualitas perangkat pembelajaran berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Pengembangan dilakukan dengan model ADDIE dengan langkah analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implemention (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Instrument yang digunakan berupa lembar penilaian RPP, lembar penilaian LKS, angket respon guru dan siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes prestasi belajar dan angket kemandirian belajar. Perangkat pembelajaran yang telah dihasilkan diujicobakan di SMP PGRI Semanu pada tanggal 6 April 2015 sampai 30 April 2015. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari kevalidan memenuhi kriteria sangat valid dengan skor rata-rata 3,64 dari skor maksimal 4,00 untuk RPP dan 2,75 dari skor maksimal 4,00 untuk LKS. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari kepraktisan memenuhi kriteria sangat praktis dengan skor rata-rata respon siswa 3,50 dari skor maksimal 4,00, skor rata-rata guru 3,70 dari skor maksimal 4,00 dan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan persentase rata-rata 94,23. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif ditinjau dari prestasi belajar dan kemandirian belajar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikan sebesar 0,000 (kurang dari α = 0,05) untuk prestasi belajar dan nilai signifikan sebesar 0,000 (kurang dari α = 0,05) untuk kemandirian belajar.

Article Details

How to Cite
Uzain, S., Prabawa, E. A., & Widjajanti, D. B. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Berbasis PBL yang Berorientasi pada Kemandirian dan Prestasi Belajar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 613-622. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21552
Section
Articles

References

Arends, Richard I. 2007. Learning to Teach Seven Edition. New York: The McGraw Hill Companies.
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara.
Astuti, Lina Dwi. 2014. Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi. UNY
Berson, J et.al. 1998. Powerful partnership: A Shared Responsibility for Learning. Report American Association for Higher Education. (Online). (http://www.aahe.org/assessment/joint.htm, diakses tanggal 15 Juni 2015)
Delisle, R 1999. How to Use problem based learning in the classroom.Alexandria:AECD
Eggen, Paul dkk. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran mengajarkan konte dan keterampilan berpikir, Edisi 6. Jakarta: PT. Index
Febriastuti, Yunita. 2013. Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 2 Geyer Melalui Pembelajaran Inkuiri Berbasis Proyek. Skripsi. Unnes
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Mudjiman, Haris. 2007. Belajar Mandiri Self motivated learning. Surakarta: UNS Press
Mullis IVS e.al. 2011. TIMSS 2011 International result in Mathematics. L Lynch School of Education, Boston College Chestnut Hill, MA, USA
Mulyatiningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Nazarudin. 2007. Manajemen Pembelajaran Implementasi Konsep Karakteristik dan Metolog Pendidikan Agama Islam di Sekola Umum. Yogyakarta: Teras.
OECD. 2012. PISA 2012 Result in Focus-What 15 years old know and what they can do with what they know. (Online). (www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf diakses pada 12 Maret 2015).
Peraturan Pemerintah. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Pendidikan Nasional.
Purwoko, Riawan. 2014. Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Negeri 27 Purworejo. Skripsi. UMP
Suherman, Erman dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.
Syah, Muhibbin. 1999. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Trianto. 2009. Medesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Uno, B. Hamzah. 2008. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Akasara.
Yamin, Martinis. 2008. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press
Zumrun, Sharon. 2011. Encouraging Self-Regulated Learning in the Classroom: A Review of th Literature. Metropolitan Edcatiobal Research Consortium (MERC). Virginia Commonwealth University