Desain Bahan Ajar Program Linear Dengan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Linever

Main Article Content

Venissa Dian Mawarsari1
Dwi Dwi Sulistyaningsih

Abstract

Bahan ajar merupakan alat bantu bagi seorang pendidik dalam keberhasilan proses pembelajaran pada seluruh jenjang pendidikan serta semua bidang kajian. Tak terkecuali proses pembelajaran program linear di Perguruan Tinggi. Untuk itu seorang pendidik harus dapat menyusun bahan ajar sendiri sesuai dengan kompetensi yang hendak dicapai serta karakteristik mahasiswa. Dalam matakuliah program linear perlu adanya aplikasi teori dalam permasalahan sehari-hari ataupun dalam  masalah di indutri. Selain itu permasalahan perhitungan yang komplek membuat proses penyelesaian masalah terkait program linear membutuhkan waktu lama. Sehingga peneliti melakukan penelitian dalam mendesain bahan ajar program linear dengan pendekatan kontekstual berbantuan linever. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa bahan ajar program linear dengan pendekatan kontekstual berbantuan linever valid digunakan dalam proes pembelajaran. Linever merupakan akronim dari software Lindo dan Excel Solver. Bahan ajar yang dikembangan adalah Diktat dan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM). Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, implementation, Evaluation), yaitu pada tahap Desain. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi bahan ajar yang diberikan kepada validator. Penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa bahan ajar program linear dengan pendekatan kontekstual berbantuan linever valid digunakan dengan rata-rata penilaian 3,6 % termasuk dalam kriteria baik.

Article Details

How to Cite
Mawarsari1V. D., & Dwi Sulistyaningsih, D. (2017). Desain Bahan Ajar Program Linear Dengan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Linever. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 459-465. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21556
Section
Articles

References

Danuri. 2014. Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Kontekstual untuk Memfasilitasi Kemandirian Belajar Siswa SD/MI. Jurnal Al-Bidayah. 6(1), 39-58.
Muhtadi, A. 2006. Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Kualitas dan Efektifitas Pendidikan. Jurnal Dinamika Pendidikan. Th XIII (2), 205-2014.
Nugraha, D.A., Binadja, A., Supartono. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks Bervisi SETS, Berorientasi Konstruktivistik. Journal of Innovative Science Education. 2(1).
Nurhadi.dkk. 2009. Pembelajaran Kontekstual. Malang: Universitas Negeri Malang.
Ritz, J. M. 2009. A New Generation of Goals for Technology Education. Journal of Technologi Education. 20(2), 50-64.
Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mawarsari, V.D. 2016. Evaluasi Proses Pembelajaran Program Linear (Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika dan Statistika FMIPA UNIMUS). Prosiding Universty Research Coloquium 2016. Pekalongan.