Pengaruh Penggunaan Modul Berbantuan Program R terhadap Kemampuan Penalaran Statistik

Main Article Content

Yusfita Yusuf
Agus Jaenudin
Neneng Tita

Abstract

Kemampuan statistis diperlukan untuk dapat menafsirkan dan memahami serta membuat keputusan yang baik untuk data-data statistik yang sering kita temui. Namun banyak mahasiswa yang memandang statistika sebagai mata kuliah yang menakutkan. Hal tersebut didasarkan karena dalam mengerjakan permasalahannya diperlukan kemampuan statistis yang cukup, mulai dari kemampuan dasar sampai kemampuan yang bersifat aplikasi. Mahasiswa yang memiliki kemampuan statistis rendah menjadi kurang berminat terhadap perkuliahan statistika. Salah satu dari kemampuan statistika tersebut adalah penalaran statistis. Penalaran statistis adalah kemampuan mahasiswa untuk membuat kesimpulan yang  logis dari suatu masalah masalah dengan menggunakan konsep statistis melalui tiga tahapan yaitu: komprehensi, perencanaan dan pengambilan keputusan serta evaluasi dan interpretasi. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian yaitu pretest-postest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran statistis mahasiswa yang perkuliahannya menggunakan modul berbantuan program R lebih baik dari pada mahasiswa yang memperoleh perkuliahan biasa baik untuk subkelompok rendah, sedang maupun keseluruhan. Namun pada subkelompok tinggi peningkatan kemampuan penalarannnya sama pada kelas eksperimen dan kontrol. Adapun pengaruh perkuliahan statistika dengan menggunakan modul berbantuan program R adalah tinggi pada sub kelompok sedang, rendah dan keseluruhan. 

Article Details

How to Cite
Yusuf, Y., Jaenudin, A., & Tita, N. (2017). Pengaruh Penggunaan Modul Berbantuan Program R terhadap Kemampuan Penalaran Statistik. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 453-458. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21565
Section
Articles

References

Fox, J. dan Andersen, R. (2005). Using The R Statistical Computing Environment To Teach Social Statistics Courses. [onlie]. Tersedia: www.unt.edu/rss/Teaching-with-R.pdf. [20 Oktober 2013].
Gal, I dan Garfield,J.B. (1997). Teaching and Assesing Statistical Reasoning. NCTM.
Garfield, J. B. (2002). The Chalange of Develoving Statistical Reasoning. Journal of Statistics Education, 10(3). [Online]. Tersedia: www.amsat.org/publicatins/jse/v103/garfield,html . [24 September 2013].
Garfield, J. B. dan Ben-Zvi, D. (2007). Helping Students Develop Statistical Reasoning: Implementing a Statistical Reasoning Learning Environment. [Online]. [24 September 2013].
Garfield, J. B. dan Ben-Zvi, D. (2008). Preparing School Teachers To Develop Students Statistical Reasoning. [Online]. [ 24 September 2013].
Kartiko, S. W. (2012). Mengenal software “R” sebagai Datamining Tool di Linux. [online]. http://www.IlmuKomputer.com. [ 26 September 2013].
Martadipura, B. A. (2010). Kajian Tentang Kemampuan Melek Statistis (Statistical Iteracy), Penalaran Statistis (Statistical Reasoning), Dan Berpikir Statistis (Statistical Thinking) Guru Smp/Sma (Studi Terhadap Guru SMP/SMA yang mengikut kegiatan PPM Dosen Jurdikamat UPI di Kab. Subang dan peserta PLPG Sertifikasi Guru Guru Matematika SMP di BMI Lembang. [Online]. http://www.jurnal.upi.edu. [3 maret 2013].
Martadipura, B. A. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Statistis Mahasiswa S1 Melalui Pembelajaran MEAs yang Dimodifikasi. Bandung: STKIP Siliwangi program studi Pendidikan Matematika. [Online]. http://www.jurnal-infinity.com. [14 maret 2013].
Rosadi, D. (n.d). Pemanfaatan Software Open Source R dalam pemodelan ARIMA. Program Studi Statistik, FMIPA UGM.
Saragih, S. (2007). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis Dan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Bandung PPS UPI (disertasi tidak diterbitkan).
Suhartono. (2008). Analisis Data Statistik dengan R. Surabaya: Lab. Statisik Komputasi ITS.
Sundayana, R. (2012). Pengaruh Perkuliahan Statistik Berbantuan Prrogram Ms. Excel dan SPSS dengan Model Pembelajaran Tutorial Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis. (Tesis). Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Uno, H. B dan Lamatenggo, N. (2011). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Yakir, B. (2011). Introduction to Statistical Thinking With R without Calculus. Jerusalem: The Hebrew University. [online] Tersedia: http://pluto.huji.ac.il [9 Oktober 2013].