EFEKTIFITAS HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA METODE THE POWER OF TWO DAN TWO STAY – TWO STRAY

Main Article Content

Farid Akhmad
Ruti Wijayanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode  The Power of  Two dan Two Stay – Two Stray serta perbedaan antara hasil belajar matematika siswa menggunakan metode  The Power of  Two dan Two Stay – Two Stray. Penelitian dilakukan di SMP kelas VIII. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling yaitu kelas VIII 1 dengan jumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dengan menggunakan metode  The Power of  Two dan kelas VIII 3 dengan jumlah 41 siswa sebagai kelas eksperimen 2 dengan menggunakan metode  Two Stay – Two Stray. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tes pada materi pokok bahasan lingkaran. Dari hasil penelitian diketahui metode pembelajaran The Power of Two dan Two Stay – Two Stray sama-sama efektif, dilanjutkan dengan uji perbedaan dengan uji-t two sample independen dua pihak diperoleh nilai Sig. 0,005 < 0,05 serta dari rata-rata hasil nilai tes untuk kelas pembelajaran dengan menggunakan metode The Power of Two sebesar 73,50 dan Two Stay – Two Stray sebesar 70,46 maka pembelajaran The Power of Two lebih baik dibandingkan dengan Two Stay – Two Stray.

Article Details

How to Cite
Akhmad, F., & Wijayanti, R. (2017). EFEKTIFITAS HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA METODE THE POWER OF TWO DAN TWO STAY – TWO STRAY. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 546-555. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21566
Section
Articles

References

Ali, J, Rizal, Y, & Lukman, N. 2012. Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Power of Two dan Kemampuan Komunikasi Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 1 No.1.
Febriyanti. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. No.1, Vol 2, 5.
Hamiddin. 2012. Improving student’ comprehension of poem using two stay two stray strategy. Jurnal vidya karya. No.1, Vol.27.
Hartono. 2012. Paikem: Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan.
Jupri. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay – Two Stray (Ts-Ts) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pokok Segi Empat Kelas VII C Mts Taqwal Ilah Tembalang Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Ilmu Pendidikan Matematika. Semarang : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo.
Kristianingsih. 2013. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Model Two Stay Two Stray Dan Make A Match Pada Pokok Bahasan Logaritma Ditinjau Dari Konsep Diri Akademis Siswa SMK Kelompok Teknologi Kelas X Semester 1 Se Kabupaten Kebumen. Tesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tidak diterbitkan.
Miftachudin. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dengan Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri Di Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. No.3, vol.3 233-241.
Mulia, Fitra Arum. 2012. Efektifitas Model Pembelajaran The Power of Two dengan Pemanfaatan Modul dan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantuan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Segiempat Kelas VII Semester II SMP N 3 Patebon Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IKIP PGRI Semarang.
Murniati, yesi. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Mts Thamrin Yahya Rambah Hilir. No.1, vol.1, 4. (online). (http://e-journal.upp.ac.id, diakses 2 Januari 2014).
Pratiwi, A.B. 2016. Pengaruh Strategi Numbered Heads Together (NHT) Dan The Power Of Two Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I) Universitas Muhammadiyah Surakarta, 12 Maret 2016. Surakarta
Rohman, Nur. 2012. Efectivitas Model Pembelajaran The Power of two dan Two Stay Two Stray dengan Media Kartu Soal Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Kubus dan Balok pada Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP N 1 Sedan Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IKIP PGRI Semarang.
Saraswati, d. I, soedjoko, e. & susilo, e. B. 2012. Penerapan Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Minat. Unnes journal of mathematics education, No 1, Vol.1
Suprijono, A. 2013. Cooperative Leaerning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Utami, T. 2013. Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power of Two Dan Two Stay Two Stray Berbantuan Software Precalculus Solved Ditinjau Dari Prestasi Belajar Matematika. Skripsi: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam . IKIP PGRI Semarang.
Yuliana. 2013. Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Power Of Two Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 16 Padang. No.1, Vol.2, 11. (online). (http://ejurnal.bunghatta.ac.id, diakses 10 Februari 2014).
Zainuddin. 2014. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Dan Numbered Heads Together Pada Materi Pokok Fungsi Ditinjau Dari Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kota Surakarta. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. No.2, Vol.2. 121-130.