PERBANDINGAN PENINGKATAN PENGETAHUAN METAKOGNISI MATEMATIK PESERTA DIDIK ANTARA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN METAKOGNITIF DENGAN OPEN ENDED

Main Article Content

Arina Fauziyyah Nurunnisa
Hetty Patmawati

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah peningkatan pengetahuan metakognisi matematik peserta didik menggunakan pendekatan pembelajaran metakognitif lebih baik dibandingkan dengan open ended. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 10 Kota Tasikmalaya yang berjumlah 394 orang. Sampel dipilih secara acak menurut kelas dan terambil kelas VIII I yang menggunakan pendekatan pembelajaran metakognitif dan kelas VIII J yang menggunakan pendekatan pembelajaran open ended dengan masing-masing kelas berjumlah 41 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan melaksanakan tes pengetahuan metakognisi matematik sebanyak dua kali yaitu pretest dan posttest. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes pengetahuan metakognisi matematik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji perbedaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian, hipotesis penelitian ditolak, sehingga peningkatan pengetahuan metakognisi matematik peserta didik yang menggunakan pendekatan pembelajaran metakognitif tidak lebih baik atau sama dengan open ended.

Article Details

How to Cite
Nurunnisa, A. F., & Patmawati, H. (2017). PERBANDINGAN PENINGKATAN PENGETAHUAN METAKOGNISI MATEMATIK PESERTA DIDIK ANTARA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN METAKOGNITIF DENGAN OPEN ENDED. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 495-501. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21577
Section
Articles

References

Aryanti, Ari. 2015. Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis antara Siswa yang Memperoleh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA STKIP Siliwangi Bandung.
D., Jarnawi Afgani. 2011. Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Fauzi, Kms. Muhammad Amin. 2011. Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa dengan Pendekatan Pembelajaran metakognitif di Sekolah Menengah Pertama. Proceeding of International Seminar and The Fourth National Conference. Juli 21-23 2011 on Mathematics Education, Yogyakarta State University.
Gordah, Eka Karsah. 2012. Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Melalui Pendekatan Open Ended. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 18, Nomor 3, September 2012`
Lestari, Eka Karunia dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung:Refika Aditama.
Mariati, P.S. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 8 (2012) 152-160.
Nurasyiyah, Desy Ayu. 2014. Pendekatan Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika untuk Pencapaian Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMA. Jurnal Matematika Pendidikan Volume 6 Nomor 2, Desember 2014.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.