ANALISIS EVALUASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PERSAMAAN STRUKTURAL DI UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK

Main Article Content

Neva Satyahadewi
Hendra Perdana
Betri Wendra

Abstract

Tracer study atau yang sering disebut sebagai survey alumni adalah studi mengenai lulusan lembaga penyelenggara pendidikan tinggi. Studi ini mampu menyediakan berbagai informasi yang bermanfaat bagi kepentingan evaluasi hasil pendidikan tinggi dan selanjutnya dapat digunakan untuk penyempurnaan dan penjaminan kualitas lembaga pendidikan tinggi yang bersangkutan. Kepuasaan proses pembelajaran adalah perbedaan antara harapan dengan kinerja yang dirasakan mahasiswa. Hal ini tidak dapat diukur secara langsung, sehingga dibutuhkan beberapa indikator agar dapat diketahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menerapkan model persamaan struktural untuk menganalisis kepuasan terkait proses pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Berdasarkan hasil penelitian tampak bahwa faktor yang berpengaruh langsung terhadap kepuasaan proses pembelajaran adalah pelayanan dan sarana prasarana pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Satyahadewi, N., Perdana, H., & Wendra, B. (2018). ANALISIS EVALUASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PERSAMAAN STRUKTURAL DI UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 411-419. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21596
Section
Articles

References

Bollen, K.A. (1989). Structural Equations with Latent Variables. New York: John Wiley & Sons.
Ferdinand, A. (2006). Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. dan Fuad (2008). Structural Equation Modeling: Teori, Konsep, dan Aplikasi dengan Program LISREL 8.80. Semarang: Badan Penerbit
Wijanto, S.H. (2008). Structural Equation Modeling dengan LISREL 8.8. Yogyakarta: Graha Ilmu.