Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Volum Bangun Ruang Model Cooperative Learning dengan Pendekatan Kontekstual

Main Article Content

Soejono Soejono

Abstract

Pada hakekatnya matematika muncul dari kehidupan  sehari-hari, sehinggaproses pembelajaran matematika diharapkan menggunakan pendekatan kontekstual . Siswa kelas IX SMP mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan geometri ruang, Akibatnya hasil ujian nasional SMP Negeri 4 Semarang tahun pelajaran 2013/2014untuk menyelesaikan volum bangun ruang hanya mencapai 58,97% sedangkan untuk menyelesaikan soal tentang luas bangun ruang hanya mencapai 63,25%. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian tindakan kelas ini adalah apakah melalui implementasi model cooperative learning dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa?Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa kelas IX E SMP Negeri 4 Semarang tahun pelajaran 2014 / 2015 dalam materi pokok bangun ruang melalui implementasi Model  cooperative learning dengan pendekatan kontekstual. Indikator keberhasilan  dari penelitian ini  adalah : siswa dianggap tuntas belajar jika mencapai skor ≥ 70 % sedangkan kelas dianggap tuntas belajar jika  terdapat 85 % siswa  mencapai skor ≥ 70 %.


Hasil penelitian pada siklus1 ketuntasan belajar siswa adalah 68,18 %  sehingga dianggap belum tuntas belajar dan  keaktifan siswa adalah 69,17 %, sedangkan   pada siklus 2 hasil penelitian menunjukan  ketuntasan belajar siswa adalah mencapai skor 90,83 % sedangkanprosentasi keaktifan siswa mencapai 86,36 %.


Dari penelitian ini dapat diperoleh simpulan bahwamelalui implementasi model  cooperative learning dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang. Saran  para guru dalam melaksanakan pembelajaran juga diharapkan menggunakan model cooperative learning dengan   pendekatankontekstual.

Article Details

How to Cite
Soejono, S. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Volum Bangun Ruang Model Cooperative Learning dengan Pendekatan Kontekstual. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 266-273. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21603
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi, 1999. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Cunayah, Cucun.2005. Kompetensi Matematika untuk Smp/Mts Kelas VIII semester 1 dan 2. Bandung:Yrama Widya.
Suyitno, Amin.2004. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang:UNNES.
Chotimah, Khusnul.2006. ”Meningkatkan Hasil Balajar Siswa Kelas V SD Negeri Bendungan 01 Tahun Pelajaran 2005/2006 Pada Pokok Bahasan Volum Kubus Dan Balok”. Skripsi. Semarang. UNNES.
Depdikbud, 1999. Kurikulum. Garis – Garis Besar Pembelajaran Matematika. Jakarta : Depdikbud.