Keefektifan Pair Checks Berbasis Karakter Islami Terhadap Hasil Belajar Materi Segitiga dan Segiempat Siswa MTs

Main Article Content

Luthfiana Nur Lathifah
Fina Hidayati
Muhammad Mahsun

Abstract

Kemampuan pelajar Indonesia dalam pelajaran matematika berdasarkan pemeringkatan Programme for International student Assessmen (PISA) tahun 2012, menunjukkan bahwa literasi matematika siswa Indonesia sangat rendah. Hal tersebut disebabkan oleh pemahaman siswa yang kurang terhadap materi yang diajarkan. Siswa kesulitan dalam mengerjakan soal aplikasi rumus segitiga dan segiempat sehingga hasil belajar siswa belum maksimal. Salah satu faktor penyebabnya adalah faktor dari dalam diri siswa. Percaya diri merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar juga karena sikap percaya diri berasal dari masing-masing siswa. Di dalam Ali Imran ayat 139 terdapat perintah bagi umat manusia untuk percaya diri.


Subyek penelitian adalah kelas VII MTs. Miftahul Huda Jepara dengan jumlah 50 orang. Siswa yang diambil untuk penelitian duduk pada jenjang kelas yang sama dan pembagian kelas menggunakan sistem acak, karena jumlah populasi terbatas maka teknik pengambilan sampel yang dilakukan oleh penulis adalah sampling jenuh. Dalam penelitian ini sebagai kelas eksperimen yaitu siswa kelas VIIb yang berjumlah 25 siswa dikenai pembelajaran pair checks berbasis karakter islami, dan kelas kontrol yaitu siswa kelas VIIa yang berjumlah 25 siswa dikenai pembelajaran sinektik berbasis karakter islami. Hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran pair checks berbasis karakter Islami efektif dapat meningkatkan hasil belajar materi segitiga dan segiempat.

Article Details

How to Cite
Lathifah, L. N., Hidayati, F., & Mahsun, M. (2017). Keefektifan Pair Checks Berbasis Karakter Islami Terhadap Hasil Belajar Materi Segitiga dan Segiempat Siswa MTs. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 257-265. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21605
Section
Articles

References

Aminudin, M dan Fironika, R. 2013. Keefektifan Pembelajaran Geometri Ruang Berdasarkan Teori Van Hiele Berbasis Budai pada Penurunan Rumus-Rumus Volume Bangun Ruang Secara Induktif. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 1, Nomor 2.
Azwar, S. 2008. Sikap Manusia (Teori dan pengukuran) cetakan ke2. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.
Danasasmita, W. 2008. Model-Model Pembelajaran Sebagai Alternative. Bandung; ASPJI Korwil Jabar.
Fatimah, E. 2006. Psikologi perkembangan : perkembangan peserta didik. Bandung : Pustaka Setia.
Hakim, T. 2004. Mengatasi rasa tidak percaya diri. Jakarta : Puspa Swara.
Isjoni. 2013. Cooperative Learning, Efektivitas Pembelajaran, Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Iswidharmanjaya, A dan Agung, G. 2005. Satu hari menjadi lebih percaya diri. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.
Jauhari, A dan Suhandi, A. 2010. Pengaruh Pembelajaran Pemecahan Masalah Secara Kelompok Kooperatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. Volume 15, Nomor 1.
Komara, S. 2010. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair ChecksTerhadap Hasil belajar Matematika Siswa. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Nusantari, dkk. 2008. Peningkatan Keterampilan Belajar Biologi Melalui Model Kooperatif Tipe Pair Checks Siswa Kelas II SMPN 2 Gorontalo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol¬ume 15, Nomor 1.
OECD. 2013. PISA 2012 Result in Focus What 15-year-0ld Know and What They Can Do with What They Know. [Online]. Tersedia: http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf [1 Maret 2015]
Primandari, A. H. 2010. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Viiia SMP N 2 Nanggulan dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.
Purwanto. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rochman, C. 2010. Pembelajaran Fisika Berbasis Nilai Islam Pada Perguruan Tinggi Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol¬ume 11, Nomor 2.
Saepuloh, A.R. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Sinektik untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Komunikasi Matematika SMP. Universitas pendidikan Indonesia.
Sakdiahwati. 2008. Penerapan Model Sinektik dalam Meningkatkan Kreativitas Menulis (Studi Kuasi Eksperimen dalam Pembelajaran Menulis pada Siswa Kelas I di SMPN Kota Palembang). Terdapat pada http://www.puslitjaknov.orgda tafile2008makalah_peserta73_Sakdi ahwati.pdf. Diunduh tanggal 17 Desember 2013 pukul 17.05 WIB.
Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slavin, R. E. 2010. Cooperative Learning: Applying Contact Theory in Desegrated Schools. Journal of Social Issues. Vol. 41 Is¬sue 3: 45-62.
Yantiani, M. 2012. Pembelajaran Kooperatif Pair Check Berpengaruh Terhadap hasil Belajar Materi Bangun Ruang dan Bangun Datar Siswa Kelas IV Gusus IV Semapura. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.