Penerapan Model Pembelajaran Konvensional Berbantu Media CD Interaktif dan TGT Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Main Article Content

Patrice Ester Paruntu
Lana Najiha Nadia
Siti Kholifah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar pada penerapan model pembelajaran konvensional dengan media CD Interaktif dan model pembelajaran TGT, manakah yang lebih efektif, model pembelajaran  konvensional dengan media CD Interaktif atau TGT dan bagaimana ketuntasan belajar klasikal pada kelas yang diberi penerapan model pembelajaran konvensional dengan media CD Interaktif dan TGT. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas SMP Negeri 18 Halmahera Utara tahun pelajaran 2014/2015 dan sampelnya adalah siswa kelas VIII. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif. Metode yang digunakan untuk memperoleh data yaitu dokumentasi, tes, wawancara dan observasi. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan pada rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan media CD Interaktif dan yang menggunakan model pembelajaran Teams Games and Tournament, (2) Rata-rata prestasi belajar yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan media CD Interaktif lebih baik daripada dengan model pembelajaran TGT, dan (3) Ketuntasan belajar pada kelas eksperimen 1 (model pembelajaran konvensional dengan media CD Interaktif) mencapai 93%, dan pada kelas kontrol (model pembelajaran konvensional) mencapai 87%. Diharapkan hasil penelitian nantinya menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan guru matematika di SMP/ MTs dapat menggunakan beberapa cara yang berbeda dalam memberikan materi kepada siswa, antara lain dengan menggunakan model atau metode pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi yang hendak disampaikan guna menciptakan siswa yang aktif dan berprestasi.

Article Details

How to Cite
Paruntu, P. E., Nadia, L. N., & Kholifah, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Konvensional Berbantu Media CD Interaktif dan TGT Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 241-247. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21612
Section
Articles

References

Abdullah, S. S., Supandi, dan Nizaruddin. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran BerbasisKonstruktivisme Menggunakan CD InteraktifTerhadap Karakter Siswa SMP. Jurnal Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISBN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4.
Fathurrohman, M. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-ruz Media.
Febrian, D. W., Wardono, dan Supriyono. 2013. Pembelajaran TGT Melalui Pendekatan PMRI Berbantuan Permainan Tradisional Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Journal of Mathematics Education. ISSN 2252-6927.
Majid, Abdul. 2007. Pelaksanaan Pembelajaran Menggunakan Struktur Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Prastowo, Andi. 2012.Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif; Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: DIVA Press.
Suprijono, agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.