Penggunaan Software Microsoft Excel sebagai Alternatif Pengolahan Data Statistika Penelitian Mahasiswa Tingkat Akhir

Main Article Content

Hetty Patmawati
Satya Santika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengolahan data statistika penelitian mahasiswa tingkat akhir di jurusan pendidikan matematika Universitas Siliwangi yang sebagian besar masih dilakukan secara manual. Hal ini mengindikasikan masih kurangnya pemahaman mahasiswa akan pentingnya efisiensi pengolahan data statistika melalui program komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi pengolahan data statistika pada mata kuliah program komputer bagi mahasiswa tingkat akhir menggunakan Microsoft Excel di Jurusan Pendidikan Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian meliputi tahap: Eksplorasi Konsep, Analisis, Pengumpulan Data dan Analisis Data, kesimpulan. Sampel yang digunakan sebanyak 212 orang mahasiswa. Hasil dari angket Sikap dengan menggunakan Skala Likert menghasilkan sikap yang positif dengan rata-rata skor keseluruhan adalah 3,09, lebih dari rata-rata skor netral 2,5. Indikator menunjukkan ketertarikan pada fasilitas microsoft excel memperoleh rata-rata skor paling tinggi yaitu 3,39. Sedangkan indikator usaha dalam mencari referensi pelajaran matematika di website lain memperoleh rata-rata skor terendah yaitu 2,99. Data Hasil Tes Penggunaan Software Microsoft Excel diperoleh rata-rata 71,99 dan standar deviasi nya 12,29. Kesimpulan Penggunaan Software Microsoft Excel bagi mahasiswa tingkat akhir dalam kategori Baik.

Article Details

How to Cite
Patmawati, H., & Santika, S. (2017). Penggunaan Software Microsoft Excel sebagai Alternatif Pengolahan Data Statistika Penelitian Mahasiswa Tingkat Akhir. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 124-129. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21630
Section
Articles

References

Hevner, A. C., March, S., Park, J., dan Ram, S. (2004). Design Science in Information Systems Research, Management Information Systems Quarterly, 28(1), 77-105.ISO/IEC. (2001).
ISO/IEC 9126 Software engineering- Product quality-Part 1:Quality model.
ISO/IEC. (2001). ISO/IEC 9126 Software Engineering-Product Quality – Part 2: External Metric.
Madcome (2010). Microsoft Excel 2010 untuk Pemula. Yogyakarta : CV Andi
Nasir, Mohammad. Metode Penelitian. Cet 3. Jakarta : Ghalia Indonesia. 1988
Ruseffendi ET. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung : IKIP Bandung Press.
Singaribuan, Masri dan Sofian Effendi, (1987). Metode Penelitian Survai. Jakarta : LP3ES.
Sutopo, Ariesto Hadi. (2003). Multimedia Interaktif dan Flash. Yogyakarta : PT Graha Ilmu.