Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Pemahaman dan Disposisi Matematik Siswa

Main Article Content

Aep Sunendar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaaan model pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman matematik siswa, mengetahui disposisi matematik siswa setelah dilaksanakan model pembelajaran kontekstual, dan untuk mengetahui asosiasi antara pemahaman matematik siswa dan disposisi matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kontekstual. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmalaya pada materi lingkaran. Dua kelas diambil sebagai sampel dengan cara random dari populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikamalaya, sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kontekstual dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Terpilih kelas VIII-F sebagai kelas eksperimen danĀ  kelas VIII-E sebagai kelas kontrol. Instrumen digunakan berupa tes pemahaman matematik, angket, tugas individu dan tugas kelompok untuk kelas eksperimen sedangkan instrumen untuk kelas kontrol berupa tes pemahaman matematik, LKS dan tugas individu. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dan koefisien kontingensi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran kontekstual terhadap pemahamanĀ  matematik siswa, disposisi matematik siswa yang menggunakan model pembelajaran kontekstual positif dan terdapat asosiasi antara pemahaman matematik siswa dengan disposisi matematik siswa.

Article Details

How to Cite
Sunendar, A. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Pemahaman dan Disposisi Matematik Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 130-134. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21631
Section
Articles

References

NCTM. (1989). Profesional Standard For Teaching Mathematics. Virginia.
Suryati, Atit. (2009). Implementasi Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Siswa. [Online]. Tersedia: http://educare.e-fkipunla.net.di unduh 21 November 2009.
Widaningsih, Dedeh. ( 2007). Telaah Kurikulum Mata Pelajaran Matematika. Diktat Kuliah. Tasikmalaya : PSPM FKIP UNSIL.
Wardani, Sri.(2008). Pembelajaran Inkuiri Model Silver untuk Mengembangkan Kreativitas dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi UPI. Bandung : Tidak diterbitkan.