Implementasi Model Problem Based Learning Pengaruhnya Terhadap Kecemasan Peserta Didik, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematik

Main Article Content

Sri Hartini

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecemasan peserta didik terhadap kemampuan berpikir kritis matematik, kemampuan pemecahan masalah matematik terhadap kemampuan berpikir kritis matematik, serta kecemasan peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah matematik terhadap kemampuan berpikir kritis maetematik melalui model Problem Based Learning. Metode dalam penelitian ini yaitu korelasional. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Tasikmalaya, sampel diambil satu kelas secara acak kelas yaitu terambil kelas VII L dengan menggunakan model Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kritis matematik, serta pemberian angket kecemasan peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah matematik, soal tes kemampuan berpikir kritis matematik, dan angket kecemasan peserta didik. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh kecemasan peserta didik terhadap kemampuan berpikir kritis matematik melalui model Problem Based Learning sebesar 21%. Ada pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematik terhadap kemampuan berpikir kritis matematik melalui model Problem Based Learning sebesar 40%. Ada pengaruh kecemasan peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah matematik terhadap kemampuan berpikir kritis melalui model Problem Based Learning sebesar 47%.

Article Details

How to Cite
Hartini, S. (2017). Implementasi Model Problem Based Learning Pengaruhnya Terhadap Kecemasan Peserta Didik, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematik. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 161-169. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21636
Section
Articles

References

Fariha, Mutia. 2013. Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kecemasan Matematika dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Solving. Jurnal Peluang, 1(2), 43-50.
Ibrahim. 2011. Peningkatan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, dan Pemecahan Masalah Matematis serta Kecerdasan Emosional melalui Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Sekolah Menengah Atas. (Thesis). Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya
Permendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: tidak diterbitkan
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Suryadi, Didi dan Tatang Herman. 2013. Eksplorasi Matematika Pembelajaran Pemecahan Masalah. Jakarta : Karya Duta Wahana
Sutame, Ketut. 2011. Implementasi Pendekatan Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Masalah, Berpikir Kritis, serta mengeliminir Kecemasan Matematika. Dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Yamin, Martinis. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press
Zakaria, Effandi dan Norazah Mohd Nordin. 2008. The Effect of Mathematics Anxiety on Matriculation Students as Related to Motivation and Achievement. Eurasia Jurnal of Mathematics, Science & Education, 4(1), 27-30.