ANALISIS KREATIVITAS MATEMATIKA SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN SINEKTIK

Main Article Content

Rochmad Rochmad
Laeli Rahmawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif  siswa kelas VII pada pembelajaran matematika dengan model pembelajaran sinektik; serta membandingkannya dengan pembelajaran ekspositori. Model pembelajaran sinektik yang dimaksud dalam artikel ini adalah  pembelajaran matematika yang dalam langkah-langkah pembelajarannya melibatkan penggunaan penalaran analogi untuk merangsang dan mendukung proses berpikir siswa untuk memperoleh solusi terhadap suatu masalah yang dihadapinya. Materi pembelajaran dalam penelitian ini adalah geometri, untuk sub materi  sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain. Penelitian dilakukan di kelas VII SMP Negeri 2 Jatibarang, Brebes, Jawa Tengah, Indonesia. Data kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh melalui tes tertulis dan metode analisis data menggunakan uji statistik. Berdasar hasil analisis data disimpulkan bahwa proporsi siswa yang diajar dengan model sinektik yang mencapai kriteria ketuntasan minimal  lebih  dari 75%; peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran sinektik dalam kategori sedang; dan rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa yang mengikuti  pembelajaran sinektik lebih baik dari  pembelajaran ekspositori. 

Article Details

How to Cite
Rochmad, R., & Rahmawati, L. (2016). ANALISIS KREATIVITAS MATEMATIKA SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN SINEKTIK. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 455-467. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21675
Section
Articles

References

Aisyah, N., S. Hawa., Somakim., Purwoko., Y. Hartono & Masrinawatie. 2007. Bahan Ajar Cetak: Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Alexander, P.A & M.M. Buehl. 2004. Seeing The Possibilities: Constructing and Validating Measures of Mathematical and Analogical Reasoning For Young Children. L.D. English (Ed.). Mathematical and Analogical Reasoning of Young Learners. Mahwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aziz, R. 2008. Model Pembelajaran dalam Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kreatif. Jurnal Pendidikan dan Keagamaan EL-hikmah. Tersedia di http:// azirahma.blogspot.com/ 2008/ 08/ synectics.html [diakses 7 – 1 – 2012].
Buehl, M.M & P.A. Alexsander. 2004. Longitudinal and Cross-cultural Trends In Young Children’s Analogical and Mathematical Reasoning Abilities. Dalam L.D. English (Ed.). Mathematical and Analogical Reasoning of Young Learners (halaman 47-73).
Dwijanto. 2006. Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Jurusan Matematika Melalui Pembelajaran Program Linear Berbantuan Komputer. Prosiding Konferensi Nasional Matematika XIII. Semarang: UNNES.
Giampietro, M & G.M. Cavallera. 2007. Morning and Evening Types and Creative Thinking. ScienceDirect. Personality and Individual Differences. 42:453-463. Tersedia di www.sciencedirect.com.
Hake, R.R. 1998. Interactive-Engagement Versus Traditional Method: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Association of Physics Teachers. Am. J. Phys. Vol.66(1), 64-74. Tersedia di http:// web.mit.edu/ rsi/www/ 2005/ misc/ minipaper/ papers/ Hake.pdf [diakses 26-6-2012].
Hamalik, O. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Joyce, B. & M. Weil. 1980. Models of Teaching (2^th ed.). Englewood New Jersey: Prentice-Hall,Inc.
Lee, K.H. 2005. The Relation Between Creative Thinking Ability and Creative Personality of Preschooler. International Education Journal. 6(2): 194-199. Tersedia di http://iej.cjb.net.
Lin, H. F. 2011. A Review on The Pragmatic Approaches in Educating and Learning Creativity. International Journal of Research Studies in Education Technology, 1(1): 13-24. Tersedia di http:// www.consortiacademia.org /index.php/ ijrset/ article/ download/ 39/ 32 [diakses 13–1–2012 ].
Matlin, M.W. 1998. Cognition. New York: Harcout Brace College Publishers.
Munandar, U. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: Rineka Cipta.
Munandar, U. 1999. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah Petunjuk Bagi Para Guru dan Orang Tua. Jakarta: Grasindo.
Rochmah, S. 2008. Efektivitas Model Pembelajaran Synectics Dalam Pengembangan Kreativitas Peserta Didik di Play Group Al-Aziziyah Rungkut Menanggal Surabaya. Skripsi. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Sakdiahwati. 2008. Penerapan Model Sinektik dalam Meningkatkan Kreativitas Menulis (Studi Kuasai Eksperimen dalam Pembelajaran Menulis pada Siswa Kelas I SMPN di kota Palembang). Bandung: UPI.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.
Wijayanti, R. W. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Synectics Dipadukan Teknik Mind Map untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV SDN Jono II Bojonegoro. Malang: Universitas Negeri Malang.