IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROBLEM POSING DALAM PEMBELAJARAN STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TERHADAP MATEMATIKA DAN HASIL HASIL BELAJAR SISWA SMP

Main Article Content

Markus Palobo

Abstract

Sikap terhadap matematika merupakan salah satu karakteristik dari siswa yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran matematika yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap positif siswa terhadap matematika dan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan pembelajaran problem posing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada siswa kelas IXB SMP Bokpri 3 Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode pemberian angket dan metode tes. Instrumen angket sikap terhadap matematika untuk mengukur sikap siswa terhadap matematika, dan instrumen tes berupa tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif. Hasil analisis data diperoleh bahwa pada siklus I rata-rata sikap siswa terhadap matematika 72,47 dengan 28,12% siswa berada pada kategori cukup baik, baik dan sangat baik mengalami peningkatan pada siklus II rata-rata menjadi 89,4 dengan 62,5% siswa berada pada kategori tersebut. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 6,35 dengan presentase ketuntasan klasikal 37,5% meningkat pada siklus II menjadi rata-rata 8,12 dengan ketuntasan klasikal 93,75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan problem posing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IXB SMP Bokpri 3 Yogyakarta pada materi statistika.

Article Details

How to Cite
Palobo, M. (2016). IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROBLEM POSING DALAM PEMBELAJARAN STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TERHADAP MATEMATIKA DAN HASIL HASIL BELAJAR SISWA SMP. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 490-498. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21679
Section
Articles

References

[1] Douglas, A.G. (1992). Handbook of Research on Matemathics Teaching Learning. New York: Macmillan Publishing Company.
[2] Lianghuo, dkk. 2005. Assessing Singapore Students’ Attitudes toward Mathematics and Mathematics Learning: Findings from a Survey of Lower Secondary Students. Diakses 12 Agustus 2015 dari https://repository.nie.edu.Sg../CRP2403FLHConf05(EARCOME)
[3] Popham, R.J. (1995). Classroom Assesment: What Teacher need to Know. Boston: Allyn and Bacon.
[4] Shumway, R.J. (Ed.). (1980). Research in Matemathics Educations. Virgina: The National Council of Teacher of Matemathics, inc.
[5] Masykur, A.R. (2011). Kesalahan-Kesalahan Fatal Paling Sering Dilakukan Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Yogyakarta: Diva Press.
[6] Van de Walle, J.A. (2008). Matematika sekolah dasar dan menengah (Terjemahan Gugi Sagara & Lemada Simarnata). New York: Pearson Education, Inc.
[7] Haylock, D. & Thangata, F. (2007). Key concepts in teaching primary mathematics. London: SAGE Publication Ltd.
[8] NCTM. (2000). Principles and standars for school mathematics. Reston: NCTM.
[9] Bell, F.H. (1978). Teaching and Learning Mathemathics (in Secondary School). (2nd edition). Duboque, Iowa: Wn, C Brown Company Publisher.
[10] Nitko, A.J., & Brookhart, S. M. (2007). Educational assesment of students (5th ed). Upper Saddle River, NJ: Pearson-Merrill Prentice Hall.
[11] Ebel, R.L & Frisbie, D.A. (1986). Essential of Educations Measurement. (4th ed). New Jersey: Prentice-Hall inc.
[12] Gable, R.K. (1986) Intrument development in the affective domain. Lancaster: Kluwer-Nijhoffshing.
[13] Kulm, G. (1980). Research on mathematics attitude. Dalam Shumway, R.J. (Ed.). Research mathematics in education. Reston: The National Council of Teacher of Mathematics, Inc.
[14] Clements, P., & Jones, J. (2008). The adversity trining handbook: a practical guide to understanding & changing attitudes. London: Kogan Page.
[15] Akay, H., & Boz, N. (2010). The effect of problem posing oriented analisis-II course on attitude toward mathematics and mathematics self-efficacy of elementary prospective mathematics teacher. Dalam Australian Journal of Teacher Education. Vol 35 (1), 60-75.
[16] Leder, G. C., Kundiger, E., Hart, L.., ET AL. Improving student’s attitudes and motivation. Dalam Gaulin, C., Hodgson, B.R., Whecler, D.H., et al. (1994). Proceedings of the 7th international congress on mathematical education. Quebec: de I’Universite Laval.
[17] Isnawan. (2014). Perbandingan keefektifan pendekatan problem solving dengan problem posing pada pembelajaran logika ditinjau dari aspek prestasi belajar matematika, kemampuan metakognitif, dan sikap siswa terhadap proses pembelajaran matematika di SMA. (studi eksperimen pada siswa kelas X SMA negeri 1 Lingsar). Tesis, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.