Peningkatan Hasil Belajar Materi Geometri Transformasi Melalui Model Pembelajaran Jigsaw IV Berbantuan Geogebra

Main Article Content

Muhammad Jazilun Ni’am

Abstract

Pembelajaran geometri transformasi selama ini belum memperhatikan aspek konstruktivisme dengan maksimal sehingga hasil belajar juga belum optimal. Teknologi selama ini berkembang dengan pesat salah satunya munculnya software geogebra versi 5.0 yang dapat membantu proses pembelajaran matematika tetapi belum dimanfaatkan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar matematika pada materi geometri transformasi melalui model pembelajaran jigsaw IV berbantuan geogebra. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Mayong yang berjumlah 36 peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode penilitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, analisis yang digunakan adalah deskriptif komparatif dengan membandingkan data antar siklus. Tindakan yang diberikan menggunakan model pembelajaran jigsaw IV dengan sembilan tahapan. Geogebra digunakan untuk memvisualisasikan obyek geometri yang akan ditransformasikan. Melalui proses visualisasi peserta didik mencoba, menalar, dan akhirnya dapat menemukan konsep transformasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan peserta didik selama pembelajaran. Peserta didik yang biasanya kurang aktif menjadi aktif dikarenakan adanya tanggung jawab dari masing-masing individu dalam melaksanakan tahapan jigsaw IV. Hasil tes setiap siklus menunjukkan adanya kenaikan jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan minimal (KKM). Pada kondisi akhir siklus peserta didik yang tuntas dalam belajar mencapai 85 %. Berdasarkan hal ini maka pembelajaran jigsaw IV berbantuan Geogebra dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar.

Article Details

How to Cite
Ni’amM. J. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Materi Geometri Transformasi Melalui Model Pembelajaran Jigsaw IV Berbantuan Geogebra. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 705-715. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21680
Section
Articles

References

[1] Agustina, L. dan Hamdu, G. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Volume 12 No. 1. Hal. 90 – 96.
[2] Asyhadi, A. 2005. Pengenalan Laboratorium Matematika di Sekolah. IHT Media Bagi Staf LPMP Pengelola Laboratorium Matematika Tanggal 5 s.d. 11 September 2005 di PPPG Matematika Yogyakarta.
[3] Coll, R K., Somsook, E., dan Jansoon, N. 2008. Thai Undergraduate Chemistry Practical Learning Experiences Using the Jigsaw IV Method. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, Volume 31 No. 2 Hal 178-200
[4] E-repoting Ujian Nasional 2012. (Online). (http://118.98.234.22/sekretariat/hasilun diakses pada 25 Juni 2013).
[5] Hohenwarter, M. & Fuchs, K. (2004). Combination of Dynamic Geometry, Algebra, and Calculus in the Software System Geogebra. (Online). (www.geogebra.org/publications/pecs_2004.pdf. diakses pada 30 September 2013).
[6] Jamri, M., Zainalipour, H., dan Sheikhifini, A.A. 2012. An Investigation into the Effect of Cooperative Learning with Focus on Jigsaw Technique on the Academic achievement of 2nd-Grade Middle School Students. Journal of Life Science and Biomedicine, Volume 2 No. 2 Hal 21 – 24.
[7] Jiang. Z. 2007. The Dynamic Geometry Software as an Effective Learning and Teaching Tool. The Electronic Journal of Mathematics and Technology, Volume 1 Number 3 Hal. 245 – 256.
[8] Kusumah, YS. 2003. Desain dan Pengembangan Bahan Ajar Matematika Interaktif Berbasiskan Teknologi Komputer. Seminar Proceeding National Seminar on Science and Math Education. FMIPA UPI Bandung bekerja sama dengan JICA.
[9] Meier, D. 2002. The Accelarated Learning Handbook (Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Penelitian). Bandung: Kaifa.
[10] Rahman, A. 2004. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Kemampuan Generalisasi Siswa SMA melalui pembelajaran Berbalik. Tesis. Program Pascasarjana. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
[11] Ruseffendi, E. T. 1991. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dan Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
[12] Sahin, A. 2010. Effects of jigsaw II technique on academic achievement and attitudes to written expression course. Educational Research and Reviews, Volume 5(12) Hal 777-787.
[13] Winkel, S. 1997. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.