META-ANALISIS: PBL

Main Article Content

A. Hidayatul Asror

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh PBL terhadap keterampilan matematika. Metode penelitian ini adalah meta-analisis dengan sampel sebanyak 10 artikel pada jurnal nasional dan instrumen berupa lembaran pemberian kode (coding category). Penelitian meta-analisis menunjukkan bahwa pengaruh PBL terhadap keterampilan matematika dari subjek jenjang pendidikan, PBL lebih efektif digunakan pada peserta didik di jenjang pendidikan SMP dari pada peserta didik di jenjang pendidikan SMA. Sementara itu dari subjek materi pelajaran, PBL lebih berpengaruh pada materi SPLDV dari pada materi lainnya. Dan dari subjek Media yang di gunakan, PBL lebih effektif bila memakai LKPD. Temuan lain menunjukan bahwa PBL memberikan pengaruh tinggi terhadap keterampilan pemecahan masalah.

Article Details

How to Cite
Asror, A. H. (2016). META-ANALISIS: PBL. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 508-513. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21682
Section
Articles

References

[1] BSNP. 2006. Permendiknas No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

[2] Kamdi, Waras. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif. Malang: UM Press

[3] Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta

[4] Areands, R. I. 2008. Learning To Teach (7th ed). Translated by Soetjipto, H. P & S. M. Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

[5] Glass, G.V., McGaw B., & Smith, M.L. 1981. Meta-Analysis in Social Research. Sage Publications. London: Sage Publications.

[6] Budiningsih, C. Asri. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta.