PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

Main Article Content

Hartini Hartini
Zhana Zhefira Maharani
Bobbi Rahman

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang diukur pada studi PISA. Namun berdasarkan hasil studi PISA, kemampuan komunikasi matematis siswa Indonesia masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dengan siswa yang memperoleh  pembelajaran konvensional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Pagedangan, Tangerang. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen tes berupa soal uraian kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen berbentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik inferensial dengan melakukan uji-t. Berdasarkan analisis data menggunakan SPSS 16.0 dan Microsoft Excel 2013 penelitian menemukan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh  pembelajaran konvensional.

Article Details

How to Cite
Hartini, H., Maharani, Z. Z., & Rahman, B. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 535-541. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21689
Section
Articles

References

[1] Depdiknas. 2003. Lampiran Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Depag.
[2] Fajri, Nurul. 2015. Korelasi Antara Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL). 2(1), 2355-0074.
[3] Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[4] Husna., Ikhsan, M., & Fatimah, Siti. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS). Jurnal Peluang, 1(2), 2302-5158.
[5] National Council of Teacher of Mathematics. 2000. Principles and Standars for School Mathematics. Reston VA: The National Council of Teacher of Mathematics, Inc.
[6] OECD (2014), PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do – Student Performance in Mathematics, Reading and Science (Volume I, Revised edition, February 2014), PISA, OECD Publishing. http://dx.doi.org/10.1787/9789264201118-en
[7] Rahmawati, Dwi Inayah. 2015. Efektifitas Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution dan Tipe Post Solution Ditinjau Dari Kemampuan Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika. Skripsi.Program Studi Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Univ. Negeri Yogyakarta.
[8] Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
[9] Utami, Citra., dkk. 2015. Pembelajaran Model Generatif Dengan Strategi Group Investigation Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education Research, UJMER 4 (1), 2552-6455.