PENDALAMAN PEMAHAMAN MATEMATIS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA MELALUI REPRESENTASI DALAM PEMECAHAN MASALAH

Main Article Content

Catharina Mara Apriani
Edith Avendita Asa Chrisiana

Abstract

Artikel ini berisi penelitian dalam bidang belajar tentang bagaimana guru mengembangkan pengetahuan koseptual yang mereka ajarkan. Selain itu penelitian ini untuk mengetahui pemahaman matematis mahasiswa pendidikan matematika melalui representasi dalam pemecahan masalah. Penelitian ini sangat berguna untuk mengetahui sejauh mana pemahaman matematis mahasiswa dalam membuat strategi penyelesaian suatu masalah. Dalam menyelesaikan permasalahan tersebut, mahasiswa akan membuat strategi yang diterjemahkan dalam representasi, dari representasi tersebut akan diketahui sejauh mana pemahaman matematis mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode kajian pustaka dan metode deskriptif kualitatif.  Peneliti memberikan satu masalah (P), dari masalah tersebut didapatkan 4 representasi (R) penyelesaian masalah, yang menyebabkan 5 diskusi (D). Diskusi ini berfokus pada hubungan peristiwa dalam masalah yang menyebabkan setiap representasi, hubungan antara cara yang berbeda bahwa mahasiswa memilih untuk mewakili hubungan mereka, dan penyetaraan dari representasi. Dari hasil representasi menunjukkan bahwa pemahaman matematis mahasiswa hampir sama. Mahasiswa yang mengerjakan dengan representasi 1 dan 2, pemahaman matematisnya lebih baik karena bisa membuat representasi dalam bentuk umum.

Article Details

How to Cite
Apriani, C. M., & Chrisiana, E. A. A. (2016). PENDALAMAN PEMAHAMAN MATEMATIS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA MELALUI REPRESENTASI DALAM PEMECAHAN MASALAH. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 550-558. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21692
Section
Articles

References

[1] Hackbarth, Alan J. and Margaret J. Wilsman, “1P+4R=5D: An Equation for Deepning Mathematical Understanding”, Mathematics Teaching In The Middle School, vol. 14, no. 2, September 2008.
[2] Driscoll, Mark. Fosteting Algebraic Thinking. Portsmounth, NH: Heinemann, 1999. (references)
[3] Trisniawati. 2013. Makalah Representasi Matematis.Diakses pada tanggal 3 November 2015, pada http://trisniawati87.blogspot.co.id/2013/01/makalah-representasi-matematis.html
[4] Sumantri, Toni Hari. 2014. Kemampuan Siswa: Representasi Matematis. Diakses pada tangga 3 November 2015, pada THSumantri.Blogspot.Com
[5] National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM.
[6] Firdaus, Anisa. 2013. Taksonomi Bloom (Ranah Afektif, konitif, dan Psikomotorik). Diakses pada tanggal 3 November 2015, pada http://firdausanisaa.blogspot.co.id/2013/12/taksonomi-bloom-ranah-afektif-kognitif.html