VARIASI STRATEGI DALAM PEMECAHAN MASALAH BIDANG EKONOMI YANG TERKAIT DENGAN KONSEP PERBANDINGAN SENILAI DAN KPK

Main Article Content

Maria Evarista Oktaviane Barut
Amelia Yulivania Senudin

Abstract

Salah satu kegiatan yang dilakukan siswa pada pembelajaran matematika di sekolah adalah menyelesaikan permasalahan matematis dengan berbagai variasinya Suatu permasalahan matematika dimungkinkan untuk diselesaikan dengan cara yang  berbeda-beda. Apalagi dengan adanya perbedaan individual menyebabkan adanya perbedaan dalam  memandang suatu masalah. Sehingga strategi pemecahan masalah yang digunakan akan bervariasi pula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variasi strategi pemecahan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan senilai dan KPK serta mengetahui  ragam cara berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan konsep perbandingan senilai dan KPK. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deksriptif kualitatif dengan subyek penelitian adalah siswa Sekolah Menengah Pertama di Kota Yogyakarta. Instrumen penelitian menggunakan metode tes yang memuat masalah matematika yang terkait dengan konsep perbandingan senilai dan KPK. Selanjutnya dilakukan wawancara tindak lanjut kepada siswa yang bertujuan untuk mengetahui proses berpikir siswa. Secara keseluruhan dalam kegiatan penelitian ini terdapat 4 kegiatan pokok yang dilakukan yaitu (1) penyusunan instrumen penelitian (2) validasi instrumen (3) implementasi pada subyek dan (4) analisis data dan evaluasi. masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan senilai dan KPK dan terdapat pula ragam cara berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan senilai dan KPK.

Article Details

How to Cite
Barut, M. E. O., & Senudin, A. Y. (2016). VARIASI STRATEGI DALAM PEMECAHAN MASALAH BIDANG EKONOMI YANG TERKAIT DENGAN KONSEP PERBANDINGAN SENILAI DAN KPK. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 568-576. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21695
Section
Articles

References

[1] Sujono. 1988. Pengajaran untuk Sekolah Menengah.Jakarta: Direktorat Pendidikan dan Kebudayaan.
[2] Marpaung, Yansen. 1992. Strategi, Metode dan Media Pembelajaran Matematika Program D.II-PGSD. Makalah-Makalah Bidang Studi Matematika, 2-3. Yogyakarta:Panitia penataran Penyesuaian Kemampuan.
[3] Mooney, Edward S. 2009. The Three Bears Cookie Store. National Council Teachers of Mathematics. (online)
(http://www.jstor.org/stable/41182944), diakses 08 Agustus 2015
[4] Krismanto, Ali. 2003. Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika.(online).(http://p4tkmatematika.org/downloads/sma/STRATEGIPEMBELAJARANMATEMATIKA.pdf, diakses pada 9 November 2015)
[5] Wibowo, Teguh. 2015. Imajinasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purwerejo. 9 Mei 2015. Hal 237.